Enggan Berspekulasi, Kemenlu Kirim Tim Khusus ke Turki

Enggan Berspekulasi, Kemenlu Kirim Tim Khusus ke Turki
Arrmanatha Nasir. Foto: setkab

jpnn.com - JAKARTA - Kasus hilangnya belasan WNI di Turki bukanlah perkara sepele dan mudah diatasi. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akhirnya mengirimkan tim khusus ke negara yang secara geografis terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara itu.

"Sudah ada tim dari Indonesia yang ke sana untuk membantu pihak keamanan Turki (mencari WNI yang hilang),” kata Juru Bicara Kemenlu RI, Arrmanatha Nasir kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/3).

Arrmanatha mengatakan tim khusus yang dikirim ke Turki akan memberikan latar belakang 16 WNI kepada otoritas dan pihak berwenang di Turki untuk memudahkan pencarian.

“Turki bukan negara kecil. Turki itu luasnya 770.000 kilometer persegi, di sana banyak pegunungan dan area yang cukup sulit. Jadi, apabila ada orang yang tidak ingin dicari atau diketahui keberadaannya, itu gampang bersembunyi di sana,” ujar dia.

Pihak Kemenlu pun menegaskan tidak ingin berspekulasi tentang alasan atau tujuan 16 WNI itu memisahkan diri dari rombongan tur, dan upaya pencarian memang masih berlangsung sampai sekarang.

“Kemenlu enggan berspekulasi apa tujuan dari 16 WNI sengaja memisahkan diri. Termasuk dugaan bahwa kelompok ini masuk menuju Syria untuk bergabung bersama ISIS,” kata dia.

“Semua masih dalam proses investigasi. Kami juga belum tahu apa motif mereka memisahkan diri. Kita tak mau berspekulasi karena masih dalam proses investigasi,” tandas Arrmanatha. (adk/jpnn)


JAKARTA - Kasus hilangnya belasan WNI di Turki bukanlah perkara sepele dan mudah diatasi. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akhirnya mengirimkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News