Waduh...Beredar Kabar Makanan Kaleng Impor Mengandung HIV

Waduh...Beredar Kabar Makanan Kaleng Impor Mengandung HIV
Waduh...Beredar Kabar Makanan Kaleng Impor Mengandung HIV. Foto Ilustrasi/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - GORONTALO - Masyarakat Gorontalo dibuat geger. Pemicunya adalah kabar yang beredar soal produk makanan kaleng impor yang mengandung human immunodeficiency virus (HIV ).

HIV ini adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Cara kerjanya adalah  menyerang sistem kekebalan atau imunitas tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi.

Gorontalo Post melaporkan, makanan kaleng impor itu berasal dari Thailand. Dikaitkan dengan mengandung darah bervirus yang ada di dalamnya. Kabar ini santer diperbincangkan di media sosial.

Kabar ini juga sudah sampai ke Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Gorontalo. Namun  Pimpinan Balai POM Gorontalo, Edi Witanto memastikan bahwa berita itu hanya sampah.

Edi menjelaskan bahwa berdasarkan sifatnya, HIV tidak mungkin ada di dalam makanan. Alasannya, virus HIV sendiri tidak mampu bertahan hidup setelah di udara, kecuali di dalam Host (tubuh manusia yang tertular HIV).

"Berita itu hoax (sampah)," kata Edi seperti yang dilansir Gorontalo Post (Grup JPNN.com), Selasa (10/3). (awa/jpnn)


GORONTALO - Masyarakat Gorontalo dibuat geger. Pemicunya adalah kabar yang beredar soal produk makanan kaleng impor yang mengandung human immunodeficiency


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News