Open Bidding Kota Gorontalo Patut Jadi Contoh

Open Bidding Kota Gorontalo Patut Jadi Contoh
ilustrasi pns

jpnn.com - JAKARTA- Pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama di Kota Gorontalo patut jadi contoh untuk daerah lain. Pasalnya, Gorontalo menerapkan seleksi terbuka dengan membuka kesempatan bagi PNS kab/kota serta provinsi untuk mengisi jabatan kepala dinas dan kepala badan.

"Apa yang dilakukan Kota Gorontalo patut dicontoh. Mulai pembentukan Pansel sampai hasilnya sesuai amanat UU 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)," kata Waluyo, anggota Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Media Center Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Selasa (10/3).

Dia menambahkan, dalam penetapan Panselnas, pihak Pemkot Gorontalo telah mengajukan susunannya. Sesuai ketentuan yakni 45 persen internal dan 55 persen dari luar. Setelah dilaporkan dan ditetapkan KASN, Pansel melanjutkan dengan pengumuman pengisian JPT.

"Pemkotnya tidak hanya membuka peluang di Kota Gorontalo, tapi juga kab/kota dan provinsi," kata Waluyo.

Hal ini dibenarkan Iskandar Polapa, ketua tim Pansel. Menurut dia, dibukanya kesempatan bagi PNS di luar Kota Gorontalo ialah untuk mendapatkan pejabat yang berkompetensi tinggi. Dari 29 pejabat yang terpilih, hampir sepuluh orang berasal dari PNS provinsi serta kab/kota lainnya.

"Hari ini kami laporkan hasil open biddingnya ke KASN. Intinya kami manut kepada aturan yang diamanatkan UU ASN. Pelaksanaan open bidding ini juga diawasi masyarakat karena kami publish secara terbuka lewat media massa," tegas Iskandar. (esy/jpnn)


JAKARTA- Pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama di Kota Gorontalo patut jadi contoh untuk daerah lain. Pasalnya, Gorontalo menerapkan seleksi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News