Laskar Kristen Siap Tempur Lawan ISIS

Laskar Kristen Siap Tempur Lawan ISIS
Personel milisi Kristen Iraq unjuk kebolehan dalam parade kelulusan di Fishkhabur, dekat perbataan Syria dan Turki. Foto: Safin Hamed/AFP Photo

jpnn.com - FISHKHABUR - Negara Islam alias Islamic State (IS), yang juga dikenal sebagai ISIS atau ISIL, di Iraq, telah menjadi musuh bersama.

Lulusan laskar Kristen pertama Kurdi, yang diwisuda pada Kamis (12/3). siap mendukung operasi antimilitan peshmerga di Provinsi Nineveh.

’’Sekitar 600 personel peshmerga dari kalangan Kristen di dataran tinggi Nineveh telah resmi bergabung dalam misi (antimilitan) ini,’’ kata Abu Bakr Ismail, komandan akademi pelatihan peshmerga.

Seperti personel reguler peshmerga lainnya, laskar Kristen tersebut dibekali berbagai pelatihan ala militer. Di antaranya, wawasan kemiliteran serta latihan fisik dan tembak.

Ismail mengungkapkan, seluruh anggota laskar Kristen peshmerga adalah sukarelawan. ’’Mereka bergabung secara sukarela karena ingin ikut aktif memerdekakan wilayah ini dari ISIS dan kemudian melindunginya,’’ tutur pria berpangkat mayor jenderal (mayjen) tersebut.

Laskar Kristen yang merupakan kekuatan terbaru melawan ISIS itu bernama Tiger Guards atau Garda Harimau. Sebagian besar anggota Garda Harimau, menurut Ismail, adalah para mantan personel pasukan Assyria yang kali pertama lahir pada 2004.

Saat itu pasukan Assyria yang seluruh anggotanya adalah umat Kristen tersebut bertugas melindungi gereja-gereja di Nineveh. Mereka sengaja disiagakan di gereja-gereja karena ancaman militan radikal terhadap kalangan minoritas Iraq, umat Kristen, meningkat pesat.

Sebagai bagian dari peshmerga, seluruh personel Garda Harimau wajib melaporkan segenap aktivitas terhadap unit tempur nonmiliter Kurdi tersebut. Fokus utama misi antimilitan Garda Harimau adalah kota-kota Kurdi di sekitar perbatasan Iraq dan Syria serta Turki. Saat ini sebagian besar kota itu dikendalikan ISIS.

FISHKHABUR - Negara Islam alias Islamic State (IS), yang juga dikenal sebagai ISIS atau ISIL, di Iraq, telah menjadi musuh bersama. Lulusan laskar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News