Daerah Ini jadi Percontohan Integrasi Sawit-Sapi

Daerah Ini jadi Percontohan Integrasi Sawit-Sapi
Kabupaten Kotawaringin Barat jadi percontohan program integrasi perkebunan kelapa sawit dengan ternak sapi. Foto: Istimewa

jpnn.com - PANGKALANBUN - Bupati Kotawaringin Barat, Ujang Iskandar mengklaim, program integrasi sawit-sapi mampu menambah penghasilan warganya. Bahkan, daerah ini juga telah ditunjuk Kementerian Pertanian sebagai pilot project atau proyek percontohan program ini.

"Keuntungannya sangat tidak main-main,” ujar Ujang kepada Kalteng Pos (Grup JPNN.com), Selasa (17/3).

Terpisah, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamaludin menambahkan, kini integrasi sawit-sapi menjadi produk unggulan Kobar, karena setiap tahunnya populasi sapi di Kobar meningkat.

“Dalam beberapa tahun terakhir program integrasi sawit-sapi di Kobar sangat bagus,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sistem integritas antara tanaman kelapa sawit dan ternak sapi yang sudah dikembangkan merupakan suatu sistem pertanian yang memadukan komponen tanaman kelapa sawit dengan ternak sapi dalam suatu interaksi yang saling melengkapi, mendukung dan saling menguntungkan.(*/aza/jpnn)


PANGKALANBUN - Bupati Kotawaringin Barat, Ujang Iskandar mengklaim, program integrasi sawit-sapi mampu menambah penghasilan warganya. Bahkan, daerah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News