Beginilah Gerhana Matahari Tercantik yang Pernah Muncul

Beginilah Gerhana Matahari Tercantik yang Pernah Muncul
Beginilah Gerhana Matahari Tercantik yang Pernah Muncul. Foto.Afp/JPNN.com

jpnn.com - LONGYEARBYEN - Penduduk di Benua Eropa bagian utara dan Inggris Jumat (20/3) memiliki kesempatan istimewa untuk melihat gerhana matahari penuh. Gerhana itu diklaim sebagai yang tercantik yang pernah muncul dalam beberapa tahun belakangan ini. Di Inggris gerhana matahari terbesar terakhir terjadi pada 1999.

 
"Kami bisa melihat lingkaran bulan (yang menutupi matahari) dengan sempurna. Ini adalah salah satu pertunjukan astronomi yang paling luar biasa," ujar Alfred Rosenberg, astrofisikawan di Canaries Astrophysics Institute.

Beberapa hari sebelumnya, para ilmuwan memperingatkan agar tidak melihat gerhana secara langsung karena akan merusak penglihatan. Karena itu, kemarin orang-orang bersiap dengan kacamata khusus untuk melihat gerhana. Entah itu membeli di toko ataupun membuat sendiri dari kotak yang dilapisi dengan plastik khusus. Polisi di London bahkan secara khusus membagi-bagikan kacamata gratis untuk melihat gerhana.
 
Para pencinta gerhana sengaja berbondong-bondong mencari lokasi terbaik untuk melihat fenomena alam yang terjadi selama kurang dari 3 menit itu. Mereka berdatangan dari berbagai penjuru dunia ke Kepulauan Faroe, Denmark, dan Kepulauan Svalbard, Norwegia, agar bisa melihat, mengamati, dan mendapat foto gerhana terbaik. Di dua lokasi itu, orang bisa melihat gerhana matahari secara penuh.
 
Bahkan, di Kepulauan Faroe diperkirakan ada 8 ribu orang yang berkumpul untuk melihat fenomena tersebut. Sementara itu, di Svalbard ada 1500-2000 orang. Sayangnya, penikmat gerhana di Faroe harus sedikit kecewa. Mereka tidak bisa melihat gerhana dengan sempurna. Salah satu penyebabnya adalah adanya awan yang berjalan berarak sehingga membut gerhana tertutup.
 
Gerhana matahari itu kali pertama bisa dilihat di Benua Eropa wilayah utara. Kepulauan Canaria, Spanyol, adalah lokasi awal munculnya gerhana kemarin. Di tempat tersebut, gerhana muncul saat masih pagi. Di Stockholm, Swedia, gerhana matahari tidak tampak penuh. Matahari tertutup bulan sebagian dan menyisakan bentuk layaknya sabit. Orang-orang berhenti melakukan kegiatan dan mengambil gambar gerhana dengan gadget masing-masing. Akun media sosial di Inggris dan Eropa dipenuhi dengan gambar-gambar gerhana yang menakjubkan.
 
Orang-orang yang memiliki uang lebih melihat dengan cara yang berbeda. Sebanyak 50 warga Denmark sengaja membeli tiket pesawat Boeing 737 yang disewa sebuah majalah sains. Mereka melihat gerhana dari langit di atas Kepulauan Faroe untuk mendapat pemandangan terbaik. Tentu tidak ada awan yang menghalangi penglihatan mereka. (AFP/BBC/sha/c23/ami/jpnn)


LONGYEARBYEN - Penduduk di Benua Eropa bagian utara dan Inggris Jumat (20/3) memiliki kesempatan istimewa untuk melihat gerhana matahari penuh.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News