Dua Kecamatan di Parimo Terendam Banjir

Dua Kecamatan di Parimo Terendam Banjir
Dua Kecamatan di Parimo Terendam Banjir

jpnn.com - TORUE - Hujan lebat yang mengguyur dua kecamatan di wilayah Selatan Kabupaten Parimo, yakni Torue dan Balinggi menyebabkan pemukiman di dua kecamatan yang bersebelahan itu direndam banjir.

Bahkan, jalur Trans Sulawesi yang berada di perbatasan Desa Tolai Induk dan Desa Balinggi macet total karena terendam luapan air yang terus menggenangi jalan. Begitu juga jembatan yang menghubungkan Desa Tolai Induk dan Desa Tolai Timur nyaris jebol akibat luapan banjir yang membawa material kayu dan tersangkut.

Pemukiman di Desa Tolai Induk, Kecamatan Torue adalah yang paling parah terendam air. Pasalnya, sungai yang membelah desa tersebut, meluap hingga hampir 3 meter dan tanggul penahan arus air jebol.

“Sejak sebelum salat Jumat, kami sudah mulai mendapat guyuran hujan lebat, namun sempat berhenti sejenak. Lalu kami pun menyempatkan diri untuk salat Jumat. Namun sejak pukul 14.00, hujan kembali turun dengan lebatnya, bahkan merata di beberapa kecamatan. Dan selang berapa jam kemudian, air pun langsung masuk ke kompleks rumah, karena tanggul penahan jebol,” ujar Muhlis, warga Desa Tolai Induk pada Radar Sulteng (JPNN Group).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parimo, yang dipimpin langsung Kepala BPBD, Arman Maulana, langsung meninjau lokasi banjir dan mendata rumah yang terendam dan warga yang mengungsi.

Sementara itu, kemacetan terjadi di ruas jalan Trans Sulawesi mengular hingga beberapa kilometer. Pasalnya, semua kendaraan roda dua yang memaksa menyeberang langsung terendam air dan akhirnya mati, di tengah-tengah luapan air banjir. Sementara kendaraan roda empat dengan jenis kendaraannya, memilih untuk menunggu air surut. (mbh/jos/jpnn)


TORUE - Hujan lebat yang mengguyur dua kecamatan di wilayah Selatan Kabupaten Parimo, yakni Torue dan Balinggi menyebabkan pemukiman di dua kecamatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News