YLKI Usul Iuran Bulanan BPJS Dinaikkan, Ini Alasannya

YLKI Usul Iuran Bulanan BPJS Dinaikkan, Ini Alasannya
BPJS Kesehatan. Foto: Ilustrasi/dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di beberapa rumah sakit dinilai belum maksimal.

Misalnya, pasien yang dipulangkan sebelum sembuh dan potensi terjadinya malpraktik.  Menurutnya, hal ini antara lain disebabkan iuran bulanan yang relatif murah

"Iuran BPJS yang relatif murah berpotensi terjadinya malpraktik," kata Tulus Abadi dalam sebuah diskusi bertema "Mau Sehat Kok Repot" di Jakarta, Sabtu (21/3).

Menurutnya, potensi terjadinya malpraktik lebih besar karena iuran murah BPJS . Sebab, kerja dokter diduga menjadi tidak profesional. "Banyak step yang dilewatkan dan dihemat," ungkapnya.

Dia mencontohkan, biaya operasi yang membutuhkan biaya Rp 16 juta hanya disediakan dana Rp 4,5 juta.

Oleh karena itu, untuk menghemat biaya, ada beberapa langkah dalam tindakan operasi yang dikurangi. "Nah, itu yang berpotensi terjadinya kecelakaan medis," kata dia, seperti dilansir Jawapos.com (induk JPNN).

Menurutnya, biaya iuran BPJS perlu dinaikkan. Namun, kenaikan tersebut jangan dibebankan kepada masyarakat. "Misalnya, dari cukai rokok yang dialihkan untuk kesehatan," jelasnya. (Putri/fal/sam/jpnn)
 

 


JAKARTA - Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News