Bummmm… Helikopter PT Total Bergerak Liar Lalu Jatuh

Bummmm… Helikopter PT Total Bergerak Liar Lalu Jatuh
Bummmm… Helikopter PT Total Bergerak Liar Lalu Jatuh

jpnn.com - SAMARINDA - Helikopter yang disewa PT Total E&P Indonesie tiba-tiba bergerak liar seperti kehilangan kendali di langit Anggana, Kutai Kartanegara, pukul 10.30, Sabtu (21/3). Pilot Ahmad Zaini berusaha mendarat darurat, namun benturan keras tak terelakkan. Asap lantas membubung, namun tak ada api. Beruntung ketujuh penumpang selamat meski cedera.

Helikopter bernomor S-76 C PK-FUP milik PT Hevilift Aviation Indonesia itu jatuh tepatnya di Pulau Tanjung Dewa, Dusun Sungai Kelambu, RT 1, Desa Kutai Lama, Kecamatan Anggana. 

Berangkat dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, para kru sedianya melaksanakan kegiatan survei jalur pipa (pipeline aerial survey) di wilayah GTS-4 (CPU/Central Processing Unit) area Anggana. Area tempat kejadian merupakan lokasi penampungan minyak hasil olahan milik Total.

Dari data yang dihimpun Polsek Anggana, kondisi pilot Ahmad Zaini mengalami patah tulang lengan kiri, sedangkan kopilot Agung mengalami luka lebam pada betis kiri. 

Sementara itu lima penumpang lainnya, di antaranya Rahmat yang merupakan karyawan Total mengalami luka pada punggung. Sementara itu sejumlah korban yang mengalami luka ringan seperti Muhammad Sudirman (karyawan PT Tiga Utama Balikpapan), Agung Danur (karyawan Total), Cahaya Ramadhan (juru foto), Andre (penumpang).

Rombongan rencananya melakukan survei lokasi sekaligus foto udara. Proyek foto udara ini dilaksanakan oleh Total di kawasan migas Blok Mahakam. Lokasi jatuhnya heli berada cukup jauh dari pelabuhan Sungai Mariam, Kecamatan Anggana.

"Dari pusat Kecamatan Anggana jarak tempuh menuju lokasi kejadian sekitar 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan speedboat. Lokasi pulau ini juga sangat terpencil dan tidak berpenduduk. Tapi cukup dekat dengan konsesi milik Total," tutur Kapolsek Anggana, Iptu Indramawan Kusuma Trisna. (riz/qi/aim/che/k9)


SAMARINDA - Helikopter yang disewa PT Total E&P Indonesie tiba-tiba bergerak liar seperti kehilangan kendali di langit Anggana, Kutai Kartanegara,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News