Awas! Tahu Berformalin Diduga Banyak Dijual di Pasar Ini

Awas! Tahu Berformalin Diduga Banyak Dijual di Pasar Ini
Awas! Tahu Berformalin Diduga Banyak Dijual di Pasar Ini

jpnn.com - CILEDUG – Ratusan kilogram tahu berformalin yang dimuat dalam 115 boks disita Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tangerang dari sebuah truk di Pasar Tradisional Lembang, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Sabtu (21/3) sekitar pukul 01.30 dini hari. Kini, truk pengangkut tahu itu ditahan di Mapolsek Ciledug.

Ketua YLKI Tangerang, Kapriyani, mengatakan, penyitaan ini merupakan hasil pengintaian selama seminggu di pasar tersebut. Truk tahu bermerek SSN ini disetop saat ingin bongkar muat sebelum diedarkan ke pasaran. Tahu yang disita memiliki bentuk yang kenyal, bau, dan keras.

“Sebelumnya ada laporan tahu berformalin dari warga sekitar. Lalu, Kamis (12/3) kami turun ke lapangan. Setelah dilakukan tes sampel, terbukti positif tahu mengandung formalin dan semalam baru kami melakukan penyitaan,” beber Kapriyani.

Dikatakannya, truk ini mengangkut tahu dari sebuah pabrik di Ujung Aspal Pondok Gede Bekasi, Jawa Barat. Kemungkinan tahu berformalin tersebut diedarkan tak hanya di Pasar Lembang, namun di sebagian pasar di Kota Tangerang.

“Saat ini kami juga tengah melakukan pengawasan di beberapa pasar di Tangerang. Khususnya, pasar tradisional,” ujarnya.

Menurutnya, sejumlah pasar di Kota Tangerang kini menjadi sasaran pedagang nakal dalam memasarkan tahu berformalin.

“Kami akan menindak tegas, tak hanya menarik tahu di pasaran, namun akan menggiring pemilik pabrik ke sel tahanan,” ancamnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Ciledug AKP Afendi mengaku tengah melakukan penyidikan atas kasus ini.

CILEDUG – Ratusan kilogram tahu berformalin yang dimuat dalam 115 boks disita Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tangerang dari sebuah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News