Kunker, Presiden akan Temui 1.000 Pengusaha Jepang

Kunker, Presiden akan Temui 1.000 Pengusaha Jepang
Presiden Joko Widodo. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Minggu (22/3). Kunjungan kerja presiden bersama delegasi ini akan berlangsung hingga Sabtu (28/3) pekan depan.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Armanatha Nasir, salah satu tujuan kunjungan ini adalah untuk mengembangkan hubungan kerjasama Indonesia, Jepang dan Tiongkok.

"Kunjungan kerja ini dilakukan untuk menekankan bahwa Indonesia merupakan mitra penting bagi Jepang dan Tiongkok,” kata Armanatha dalam keterangan pers yang diterima wartawan.

Menurut pria yang akrab disapa Tata itu, Jepang adalah mitra strategis Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Terutama menjadi mitra dagang terbesar ketiga Indonesia dengan nilai perdagangan sebesar USD 40,2 miliar. Selain itu, jumlah wisatawan Jepang yang datang ke Indonesia, kata dia, mencapai 480 ribu orang.

“Jepang juga merupakan investor terbesar kedua di Indonesia dengan nilai (investasi) sekitar USD 2,7 miliar pada 2014," paparnya.

Untuk mempererat kerjasama itu, sambungnya, presiden dijadwalkan akan bertemu Kaisar Jepang dan menghadiri forum bisnis dengan 1.000 pengusaha Jepang.

Sementara itu dalam kunjungan ke RRT pada 26 Maret, menurut Tata,  Presiden Jokowi akan melaksanakan kunjungan kenegaraan untuk menemui Presiden RRT Xi Jinping.

“Akan ada pertemuan dan pembicaraan dengan pengusaha RRT dan forum bisnis,” tuturnya.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan Republik Rakyat Tiongkok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News