Ini Harapan Menteri Marwan Terhadap Desa di Demak

Ini Harapan Menteri Marwan Terhadap Desa di Demak
Ini Harapan Menteri Marwan Terhadap Desa di Demak

jpnn.com - DEMAK – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar berharap, banyak desa mandiri di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

“Kabupaten Demak mempunyai banyak potensi seperti perikanan, daerah pesisir, dan UMKM (usaha mikro kecil menengah,red). Banyaknya potensi itu diharapkan bisa melahirkan desa-desa mandiri. BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) bisa membantu mengelolanya agar potensi itu bisa lebih tersistematis pemasarannya,” ujar Marwan saat berbincang dengan puluhan aparat desa dan pengurus Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Senin (23/3).

Marwan menambahkan, Demak sudah memiliki beberapa desa mandiri. Namun, dia berharap penataannya ditingkatkan. Hal itu bisa menggerakkan ekonomi desa yang linier dengan perekonomian nasional.

“BUMDes merupakan kewajiban jika desa mempunyai potensi ekonomi. Kalau desanya sudah masuk menjadi kategori desa mandiri, itu sudah tertib. Aparat pengurus desanya sudah terdidik dengan baik,” tambah Marwan.

Pembentukan industri-industri kreatif juga bisa menjadi penggerak ekonomi pedesaan. "Banyak desa yang dibina kampus-kampus. Desanya berkembang, terukur dan sistematis," tegas Marwan. (gir/jpnn)

 

 


DEMAK – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar berharap, banyak desa mandiri di Kabupaten Demak,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News