JK Bandingkan Kota-kota di Indonesia dengan Singapura

JK Bandingkan Kota-kota di Indonesia dengan Singapura
JK Bandingkan Kota-kota di Indonesia dengan Singapura

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla membandingkan keberhasilan tata kota Singapura dan kota-kota besar di Indonesia. Menurutnya kota-kota di Indonesia seharusnya bisa mencontoh keberhasilan Negeri Singa.

"Kalau bicara kota cerdas, Singapura lah yang terbaik di Asia ini. Singapura tidak akan bisa ada seperti itu tanpa leadership," kata wapres saat membuka peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (24/3).

Menurutnya pemerintah Singapura sangat tegas dalam menerapkan hukum untuk penataan kotanya agar lebih baik. Semua warganya pun menaati peraturan itu. Terutama dalam menjaga kebersihan kota.

Selain itu Kalla juga memuji bahwa Singapura dapat memberi porsi yang sama untuk pembangunan mal maupun ruang publik alam bagi masyarakatnya. Inilah yang menurutnya, bisa dijadikan contoh bagi pemerintah daerah di Indonesia. Selama ini, menurut JK, pemda cenderung lebih permisif dalam memberikan izin pembangunan mal dan hotel tapi hanya beri sedikit ruang untuk publik beraktivitas dengan alam sekitar.

"Kalau semua orang boleh berjualan di mana saja pasti kota itu tidak menarik, kotor, dan tidak menarik wisatawan.  Harus seimbang antara kedisplinan dan pembangunan kota jika mau jadi kota cerdas," tegasnya.

Terakhir, JK meminta pemerintah daerah lebih tegas dalam menerapkan aturan di wilayahnya masing-masing jika ingin membangun kota menjadi lebih baik. (flo/jpnn).


JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla membandingkan keberhasilan tata kota Singapura dan kota-kota besar di Indonesia. Menurutnya kota-kota di Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News