Rusia Siapkan Paket Wisata Luar Angkasa, Mau Tahu Ongkosnya?

Rusia Siapkan Paket Wisata Luar Angkasa, Mau Tahu Ongkosnya?
Foto: express.co.uk

jpnn.com - ANDA bukan astronot tapi ingin ke luar angkasa? Jika memang berminat, bersiap-siap saja menabung agar bisa ikut paket wisata ke luar angkasa.

Hal itu seiring rencana Rusia menyediakan paket wisata untuk mengunjungi stasiun luar angkasa. Tentu saja, wisatawan yang ingin menikmati paket wisata luar angkasa itu harus merogoh kocek dalam-dalam.

Rusia menargetkan paket wisata luar angkasa itu sudah bisa dilepas ke publik pada 2018. Sebab, pada tahun itu pula Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengakhiri kontrak untuk menggunakan pesawat luar angkasa andalan Rusia, Soyuz.

Saat ini, NASA membayar USD 76 juta per tahun ke Rusia agar bisa memberangkatkan para astronotnya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pasalnya, AS telah menutup program pesawat ulang-aliknya sehingga NASA sejak 2011 mengandalkan roket Soyuz untuk mengantar para astronotnya ke orbit.

Berakhirnya kontrak NASA dalam menggunakan Soyuz tentu akan membuat Rusia kehilangan uang besar. Karenanya, sebuah perusahaan roket milik pemerintah Rusia, RKK Energia dalam laporan kuartal yang dirilis Selasa (24/3) menargetkan bisa melanjutkan penerbangan berawak untuk pariwisata pada 2018 yang akan datang.

Sebelumnya, perusahaan Space Adventures Ltd yang menggandeng Rusia telah mengirim tujuh orang tajir ke luar angkasa. Dennis Tito menjadi wisatawan luar angkasa pertama. Dengan membayar USD 20 juta atau sekitar Rp 250 miliar, Tito dibawa ke luar angkasa pada April 2001.

Selanjutnya, dengan ongkos yang sama ada nama Mark Shuttleworth. Ia diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada 25 April 2002 untuk perjalanan di luar angkasa selama 10 hari.

Jejak Tito dan Shuttleworth diikuti oleh Gregory Olsen yang diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur pada 1 Oktober 2005 dengan Soyuz TMA-7. Selanjutnya ada nama Anousheh Ansari yang menggunakan Soyuz TMA-9 menuju orbit dari Kosmodrom Baikonur pada 18 September 2006.

ANDA bukan astronot tapi ingin ke luar angkasa? Jika memang berminat, bersiap-siap saja menabung agar bisa ikut paket wisata ke luar angkasa. Hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News