JK Pastikan Natuna Milik Indonesia bukan Tiongkok

JK Pastikan Natuna Milik Indonesia bukan Tiongkok
JK Pastikan Natuna Milik Indonesia bukan Tiongkok

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan bahwa Pulau Natuna di Kepulauan Riau berada di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, ia membantah bahwa pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) telah mengklaim kepemilikan pulau tersebut.

"Tidak ada klaim itu. Yang diklaim itu, wilayah di atasnya Natuna. Bukan di Natunanya," tegas JK di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (26/3).

Menurut JK letak Pulau Natuna jauh dari wilayah RRT sehingga tidak mungkin diklaim begitu saja. Tiongkok, kata dia, justru mengklaim beberapa wilayah sekitarnya seperti Filipina, Vietnam dan Taiwan.

"Coba lihat negeri kita di peta, di bola bumi. Kita di bawah. Jauh dari Tiongkok," tegas JK.

Sebelumnya beredar kabar bahwa RRT telah mengklaim Pulau Natuna sebagai bagian dari wilayah yuridiksi negara tersebut. Klaim itu terjadi karena diduga pemerintahan SBY membiarkan RRT melakukan klaim sepihak atas Zona Ekonomi Eksklusifnya (ZEE), termasuk pada Pulau Natuna.

Para pengamat kelautan pun mendesak pemerintah serius mempertahankan wilayah itu tetap di bawah kepemilikan Indonesia. Sejumlah kalangan khawatir Pulau Natuna akan bernasib sama dengan Pulau Sipadan dan Ligitan yang telah menjadi milik Malaysia. (flo/jpnn).


JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan bahwa Pulau Natuna di Kepulauan Riau berada di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, ia membantah bahwa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News