Kebutuhan 20 Ribu Petugas Pajak akan Dipenuhi Selama 5 Tahun

Kebutuhan 20 Ribu Petugas Pajak akan Dipenuhi Selama 5 Tahun
Menpan-RB, Yuddy Chrisnandi. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengaku telah menerima permohonan Direktorat Jenderal Pajak akan kebutuhan pegawai baru. Sekitar 20 ribu pegawai yang rencananya ditugaskan di lapangan.

"Permintaan Ditjen Pajak ini akan dilakukan secara bertahap sehingga lima tahun ke depan sudah banyak wajib pajak yang melaporkan pajaknya dengan senang hati," kata Yuddy di Jakarta, Sabtu (28/3).

Dia membeberkan langkah pemenuhan petugas pajak, yaitu tahap pertama misalnya, dengan merekrut tiga ribu pegawai. Dengan demikian lima tahun ke depan sudah bisa mendekati.

Menurut Yuddy, untuk intensifikasi dan ekstensifikasi wajib pajak harus dilakukan peningkatan penerapan teknologi dalam memberikan pelayanan pajak.

"Teknologinya harus ditingkatkan dalam melakukan ekstensifikasi wajib pajak baru sehingga pencapaian pajak bisa tercapai," kata Yuddy.

Selain itu, perlu menambah pegawai pajak di lapangan, baik untuk memberikan penyuluhan, mengingat masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan pajak. Harus ada langkah preventif aktif dari pemerintah untuk terjun ke lapangan dengan menjelaskan kepada masyarakat mengenai pentingnya melaporkan pajak.

“Kalau pegawainya saja terbatas, bagaimana melakukan ekstensifikasi," tandas Yuddy.(esy/jpnn)


JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengaku telah menerima permohonan Direktorat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News