Menteri Marwan Beber Peran Kiai Kampung bagi Kemajuan Desa

Menteri Marwan Beber Peran Kiai Kampung bagi Kemajuan Desa
Menteri DPDTT, Marwan Jafar. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - PALEMBANG - Peran kiai kampung dan tokoh NU di pedesaan sangat dibutuhkan dalam mendorong kebijakan terkait pembangunan desa agar bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat nyata bagi kemajuan desa dan kesejahteraan seluruh masyarakat desa.

“Kiai-kiai kampung bisa melakukan peran itu, karena selama ini secara informal telah berperan sebagai pemimpin dan tokoh panutan bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar saat memberi sambutan di depan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (28/3).

Sebagai pemimpin dan tokoh panutan masyarakat, Kiai kampung menurut Marwan, memiliki peran nyata dalam membantu program pembangunan desa.

“Pertama, dengan memberikan landasan keagamaan bahwa pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa adalah suatu ibadah jika niatnya untuk kebaikan dunia dan akhirat,” ujarnya.

Selain itu, kata Marwan, kiai kampung juga bisa memanfaatkan berbagai forum keagamaan untuk mengajak masyarakat mendukung dan ikut serta dalam pembangunan desa.

“Forum-forum keagamaan, seperti istighosah, pengajian cukup efektif dijadikan forum sosialisasi berbagai kebijakan tentang desa,” ujarnya.

Menurut Marwan, kiai kampung juga bisa berperan aktif dalam musyawarah desa khususnya dalam perumusan perumusan RPJMDes, RKPDes, dan APBDes.

“Jadi kiai kampung juga bisa mendorong beberapa kader NU untuk menjadi tenaga pendamping desa melalui proses rekrutmen terbuka yang diselenggarakan pemerintah,” ujarnya.

PALEMBANG - Peran kiai kampung dan tokoh NU di pedesaan sangat dibutuhkan dalam mendorong kebijakan terkait pembangunan desa agar bisa berjalan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News