Hari Ini, Kompetisi Batu Akik Terbesar di Indonesia Dibuka

Hari Ini, Kompetisi Batu Akik Terbesar di Indonesia Dibuka
Ilustrasi

jpnn.com - JAMBI - Kompetisi batu akik terbesar se-Indonesia di Kota Jambi, kemarin (28/3) telah dimulai. Namun peresmiannya akan diselenggarakan hari ini, Minggu (29/3) di Lapangan Honda Season Square, Jalan Jenderal Sudirman Thehok Jambi. 

Pameran batu yang digelar oleh FIFGroup Gemstone Festival melibatkan banyak pencinta batu dan para kolektor. "Pameran terbesar kompetisi batu akik se-Indonesia itu akan dimulai pada 28 Maret–6 April 2015. Pameran ini didukung oleh FIFAstra, Spektra, Aftra, PT Sinar Sentosa Primatama (SSP) dan KP3I (Komunitas Penggemar Perbatuan Permata Indonesia),” kata Ketua panitia FIFGroup Gemstone Festival, Rakhmat Junaidi, seperti dilansir dari Jambi Independen (Grup JPNN), Minggu (29/3).

Komunitas pencinta batu yang berasal dari Sumatera dan Jawa telah berkumpul. Mulai dari Aceh, Dumai, Padang, Batu Raja, Jambi, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bekasi, Garut, Purbalingga dan Mojokerto. 

“Untuk lomba, kita menghadirkan  dewan juri yang berkompeten. Mereka berasal dari tim Indonesian Gemstone Jakarta,” ungkapnya.

Ketua KP3I Jambi, Ardi Harmaini, mengungkapkan naiknya minat warga pencinta batu akik membuka peluang usaha. “Bukan hanya para perajinnya, tetapi warga yang mencari dan penjual bahan baku batu akik itu pun turut mendapatkan hasil usahanya. Jelas ini merupakan lapangan pekerjaan baru yang menjanjikan,” ungkapnya.

Kompetisi batu mulia ini terdiri dari 7 kelas, yaitu Teratai Jambi (Sarang Tawon), Limau Manis (Chalsedony), Bacan Medium, Idicrase Aceh, Idocrase Sungai Dareh, Batu Gambar (tumbuhan, hewan, orang) serta batu unik/antik/langka (bebas). 

Hadiah utama kompetisi ini 1 unit sepeda motor Honda persembahan PT SSP. Di setiap kelas juga tersedia hadiah menarik berupa trofi, piagam dari Indonesian Gemstone dan uang tunai.

“Batu dinilai dari keindahan dan fenomenanya. Jika peserta memiliki batu dengan kriteria itu, kemungkinan menang pasti ada,” pungkasnya.(nta/adk/jpnn)


Berita Selanjutnya:
BBM Naik, Banyak Warga Kaget

JAMBI - Kompetisi batu akik terbesar se-Indonesia di Kota Jambi, kemarin (28/3) telah dimulai. Namun peresmiannya akan diselenggarakan hari ini,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News