Ini Terobosan Mendikbud untuk Sekolah di Daerah Terpencil

Ini Terobosan Mendikbud untuk Sekolah di Daerah Terpencil
Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - DEPOK--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berjanji akan memberikan berbagai kegiatan di sekolah-sekolah di kawasan terpencil dan perbatasan. Kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah kejuruan akan diberikan di sekolah-sekolah dimaksud.

"Daerah-daerah khususnya wilayah 3T (terpencil, terisolir, dan terluar) yang belum ada sekolah-sekolahnya, akan kita berikan berbagai kegiatan berupa sekolah kejuruan," kata Anies dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (30/3).

Kegiatan sekolah kejuruan ini, lanjutnya, bertujuan agar lulusannya siap pakai. Di daerah perbatasan, pemda sering mengalami kesulitan merekrut SDM yang siap pakai. Apalagi banyak SDM yang pendidikannya tidak tinggi atau di bawah SMA.

"Di wilayah perbatasan, memang banyak anak bisa mengenyam pendidikan tinggi. Selain letak geografinya yang sulit, sekolah-sekolah tinggi juga tidak ada. Alhasil mereka harus menempuh jarak berkilo-kilo untuk mendapatkan pendidikan layak," tuturnya.

Untuk mengatasi masalah itu, menurut Anies, Kemdikbud berupaya mendekatkan sekolah dengan siswa. Tidak hanya SD dan SMP, jenjang pendidikan menengah atas pun akan didekatkan namun lebih difokuskan kepada menengah kejuruan. (esy/jpnn)

 


Berita Selanjutnya:
Ratusan Pelajar Serbu LP3i

DEPOK--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berjanji akan memberikan berbagai kegiatan di sekolah-sekolah di kawasan terpencil dan perbatasan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News