BBM Naik, Organda Minta Tarif Angkutan Ikut Naik

BBM Naik, Organda Minta Tarif Angkutan Ikut Naik
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Tarif angkutan umum bakal naik, menyusul naiknya harga bahan bakar minyak (BBM). Sekretaris Jenderal Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Andriansyah mengatakan, naiknya harga BBM, terutama solar, sudah jelas bakal mengerek biaya operasional angkutan umum.

"Kami minta tarif angkutan naik 5 persen,’’ ujarnya, seperti dilansir dari Indopos (Grup JPNN), Selasa (31/3).

Menurut Andriansyah, posisi pengusaha angkutan umum saat ini kian sulit karena pelemahan atau depresiasi nilai tukar rupiah dari 11.500 ke 13.000 per dolar AS (USD) membuat harga onderdil kendaraan kian mahal.

Mahalnya onderdil inilah yang sebenarnya menjadi beban yang lebih berat. "Makanya kita minta tarif naik untuk meringankan beban pengusaha,’’ katanya.

Andriansyah mengatakan, Organda akan segera menemui pemerintah untuk meminta kenaikan tarif. Untuk angkutan antar kota antar provinsi, izin kenaikan tarif ada di tangan Kementerian Perhubungan, sedangkan untuk tarif angkutan perkotaan maupun angkutan perdesaan ada di tangan Bupati/Walikota.

"Kalau di daerah, teman-teman (Organda) usul tarif naik Rp 500,’’ ucapnya. (owi)


JAKARTA - Tarif angkutan umum bakal naik, menyusul naiknya harga bahan bakar minyak (BBM). Sekretaris Jenderal Organisasi Pengusaha Angkutan Darat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News