Ini Skenario Jokowi Jika Ingin Menyingkirkan Megawati

Ini Skenario Jokowi Jika Ingin Menyingkirkan Megawati
Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna menilai Joko Widodo punya potensi besar melengserkan Megawati Soekarnoputri dari posisi Ketua Umum PDI Perjuangan.

Budyatna menyarankan, Megawati jangan terlalu jemawa dan sombong menghadapi Jokowi, sebab fakta berbicara banyak lawan kuat yang kalah ketika bertarung dengan Jokowi.

"Dia masih gubernur saja, Megawati kalah angin sebagai ketua umum untuk maju sebagai capres. Sekarang Jokowi presiden. Gampang kok buat Jokowi melengserkan Megawati sebagai ketua umum," ujar Budyatna, saat dihubungi wartawan, Selasa (31/3).

Menterinya saja lanjut dia, sanggup memporak-porandakan Golkar dan PPP, masa presidennya tidak bisa memporak-porandakan PDI Perjuangan? "Kalau Agung Laksono dan Romahurmuziy bisa mengganggu Aburizal Bakrie dan Suryadharma Ali dan kelompoknya, masak Jokowi tidak bisa mengganggu Megawati," tegasnya.

Budyatna memperkirakan jika Jokowi menyingkirkan Megawati, langkah pertama yang diambil adalah mereshuffle Menkumham Yasonna Laoly dengan orang yang benar-benar bisa dipercaya.

"Kemudian dia akan mencari kader PDIP yang sakit hati pada Megawati untuk maju sebagai calon ketua umum PDIP dan jika ditolak, calon tersebut akan diarahkan untuk membuat kongres tandingan dan pada akhirnya pemerintah akan mengakui kongres PDIP abal-abal sebagai yang diakui sah oleh pemeritah," ungkapnya.

Nanti ujar Budyatna, akan ada lagi senjata makan tuan seperti cara-cara yang dilakukan KIH untuk memaksakan dukungan PPP dan PG. "Jokowi bisa saja menggunakan cara ini untuk menjatuhkan Megawati. Memangnya Mega bisa melawan kalau Jokowi merasa dia dikhianati olehnya? Saya rasa Jokowi juga tidak akan tinggal diam. Dia akan memanfaatkan kader-kader PDIP yang tidak sejalan untuk melengserkan Mega," pungkasnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna menilai Joko Widodo punya potensi besar melengserkan Megawati Soekarnoputri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News