Jokowi Minta Proyek Ini harus Selesai 5 Tahun Lagi

Jokowi Minta Proyek Ini harus Selesai 5 Tahun Lagi
Jokowi Minta Proyek Ini harus Selesai 5 Tahun Lagi

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta semua rencana persiapan infrastruktur transportasi di Jabodetabek harus dijalankan mulai tahun ini. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan usai rapat terbatas bersama presiden di kantor kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/4).

Rencana infrastruktur itu meliputi Light Rail Transit (LRT) yang akan dibangun konsorsium dari BUMN dan Mass Rapid Transport (MRT).

“Bapak Presiden minta LRT diteruskan dari Hotel Indonesia (HI) ke Kampung Bandan. Jadi yang sekarang sedang dibangun itu Lebak Bulus ke HI, sekarang diteruskan HI-Kampung Bandan,” papar Jonan.

Selanjutnya, kata dia, presiden juga minta pengembangan MRT itu dari wilayah timur ke barat yang akan melalui 3 provinsi, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Terkait biaya, Jonan mengungkapkan untuk LRT dibutuhkan dana sebesar Rp 307 miliar per kilometer. Dana ini akan diupayakan dari konsorsium BUMN, pinjaman luar negeri, serta partisipasi DKI sesuai ketentuan.

Lokasi LRT direncanakan mulai dari Cibubur, Halim, sampai ke Grogol, dan jika dimungkinkan akan disambung dengan kereta ke Bandara Soetta.

"Diharapkan, pembangunan kedua moda transportasi massal itu selesai 5 tahun lagi,” tandasnya. (flo/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta semua rencana persiapan infrastruktur transportasi di Jabodetabek harus dijalankan mulai tahun ini. Hal ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News