Kisah Wali Kota Risma yang Menelusuri Makam Adolf Hitler di Surabaya

Kisah Wali Kota Risma yang Menelusuri Makam Adolf Hitler di Surabaya
Adolf Hitler. FOTO: telegraph.co.uk

jpnn.com - BEBERAPA waktu lalu, masyarakat Indonesia, khususnya warga Surabaya sempat digegerkan dengan kabar bahwa pemimpin Nazi Adolf Hitler meninggal dan dimakamkan di Kota Pahlawan. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pun akhirnya angkat bicara soal kabar tersebut. 

Berdasarkan tulisan yang dilansir di enciety.co wali kota yang akrab disapa Risma itu mengaku telah menemukan makam yang disebut-sebut sebagai tempat peristirahatan Hitler. Kuburan itu terletak di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ngagel Utama, Surabaya.

Risma mengaku dirinya menelusuri makam orang yang disebut-sebut sebagai Hitler setelah dirinya mendapat informasi dari budayawan Indonesia, Emha Ainun Najib alias Cak Nun. Kepada Risma, Cak Nun mengatakan bahwa ada salah satu dokter asal Jerman bernama, dr Georg Anton Poch meninggal dunia di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Dokter tersebut akhirnya dimakamkan di TPU Ngagel Utama.

“Cak Nun bertanya ke saya, apa ada dokter asal Jerman yang meninggal dan dimakamkan di Ngagel. Kalau itu betul, berarti itu adalah Adolf Hitler. Dia hanya mengganti namanya saja menjadi dr. Poch,” tutur Risma di Graha Sawunggaling Rabu (1/4).

Untuk memastikan apa yang dikatakan Cak Nun, Risma pun bergegas untuk ke lokasi makam yang dituju. Ternyata benar, Risma menemukan makam seorang dokter asal Jerman. “Setelah saya cek langsung, ternyata memang ada. Dia dokter di rumah sakit  dr. Soetomo,” kata Risma.

Tapi, Risma tidak berani memastikan apakah makam itu benar-benar peristirahatan terakhir Hitler seperti yang dikatakan Cak Nun. 

“Dari data catatannya memang dijelaskan bahwa makam itu sudah ada (dr. Poch). Tapi saya belum menelitinya, apa benar makam itu benar-benar makam Hitler?” tambahnya.

Menurut Risma, untuk memastikan kebenaran bahwa makam itu adalah makam Hitler harus diadakan penelitian dan kajian lebih dalam. 

BEBERAPA waktu lalu, masyarakat Indonesia, khususnya warga Surabaya sempat digegerkan dengan kabar bahwa pemimpin Nazi Adolf Hitler meninggal dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News