Moeldoko Berangkatkan Tim TNI AU untuk Bawa WNI Keluar dari Yaman

Moeldoko Berangkatkan Tim TNI AU untuk Bawa WNI Keluar dari Yaman
Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Istana Negara, Kamis (2/4). Foto: Natalia Fatimah/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan, pihaknya malam ini akan memberangkatkan satu tim dari TNI Angkatan Udara untuk membantu Kedutaan Besar RI (KBRI) di Sana'ah, Yaman. Rencananya, tim itu akan membawa pulang warga negara Indonesia (WNI) dari Yaman.

"Kami siapkan satu pesawat dan tim advancenya satu. Nanti ditambah dengan tim dari Kemenlu di sana," ujar Moeldoko di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/4).

Menurutnya, TNI mengutamakan upaya untuk mengeluarkan WNI dari Yaman ke negara tetangga lainnya sebelum dikembalikan ke tanah air. Karenanya, TNI juga berkoordinasi dengan otoritas Arab Saudi untuk melindungi pesawat yang membawa TNI melintasi negeri kaya minyak itu.

"Nanti WNI-nya pulang ke Indonesia pakai pesawat komersil. Yang penting kami bawa keluar Yaman dulu," tegas Moeldoko.

Lebih lanjut Moeldoko mengatakan, upaya evakuasi tidak hanya melalui udara tetapi cara lain yang paling memungkinkan. Karenanya, TNI dalam operasi penyelamatan WNI itu juga akan dibantu oleh kapal perang milik India.

Soal jumlah WNI yang akan dipulangkan, Moeldoko mengaku tidak dapat memastikannya. Sebab, angka itu tergantung dari hasil koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

"Kalau meningkat, ya pesawat akan kami tambah. Kami sudah siapkan cadangan pesawat," tandas Moeldoko.(flo/jpnn)

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan, pihaknya malam ini akan memberangkatkan satu tim dari TNI Angkatan Udara untuk membantu Kedutaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News