Awas, Keseringan Main Gadget Bikin Lemas

Awas, Keseringan Main Gadget Bikin Lemas
Ilustrasi. FOTO: net

jpnn.com - JAKARTA – Peringatan bagi orang yang suka bermain gadget di jam tidur. Sebaiknya kebiasaan itu mulai dihindari kalau tidak mau lemas saat bangun tidur. Direktur New York Neurology & Sleep Medicine, New York, Allan Towfigh menyebut ada korelasi kuat antara kepekaan cahaya dengan kelelahan.

Seperti dikutip dari Health, dia menyebut kepekaan cahaya saat mata dan tubuh membutuhkan istirahat bisa memicu gangguan tidur. Nah, gangguan itulah yang nantinya berujung pada tidur tidak nyenyak. Ujung-ujungnya, saat bangun menjadi lemas. Ada baiknya, menghindari penggunaan gadget satu atau dua jam sebelum tidur.

Bagaimana kalau ada yang lupa atau sesuatu penting? boleh saja menggunakan gadget. Tetapi, Towfigh menyarankan agar ada jarak yang cukup antara wajah dan gadget. Kepekaan cahaya layar gadget memang bermacam-macam, tapi idealnya sekitar 35 cm.

Menggunakan gadget di jam tidur sebenarnya bukan satu-satunya hal yang membuat lemas. Ada beberapa faktor lagi yang dilaporkan ikut menjadi pemicu. Seperti malas berolahraga. Lazim diketahui kalau olah raga meningkatkan daya tahan tubuh, namun banyak yang melewatkan dengan berbagai alasan.

Pemicu lainnya adalah kurangnya konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Menurut Amy Goodson, ahli gizi dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine menyebut kekurangan zat besi membuat cepat lelah. Sebab, otot dan sel-sel tubuh kekurangan oksigen.

Makanan dengan zat besi bisa dilakukan dengan mudah. Musalnya, makan daging merah tanpa lemak, kacang merah, telur, selai kacang, dan tahu. Poin penting lain yang disampaikan Amy, jangan sampai melewatkan sarapan. Saat tidur, tubuh terus memompa darah dan mengalirkan oksigen sehingga tubuh kekurangan energi.

Ketika bangun, tubuh memerlukan asupan energi. Nah, sarapan membantu untuk mengembalikan energi. Masih soal makanan, menjaga tubuh tetap bugar adalah dengan tidak memakan junk food. ’’Sarapan bisa mendorong metabolisme tubuh,’’ terangnya.

Selain itu, menjadi perfeksionis juga disebut-sebut bisa membuat lemas. Alasannya, menuntut diri untuk bekerja lebih keras secara berlebihan bukan sesuatu yang. Penting untuk mengenali diri sendiri agar tidak memaksakan diri mengerjakan sesuatu di luar batas. (jon/mas)


JAKARTA – Peringatan bagi orang yang suka bermain gadget di jam tidur. Sebaiknya kebiasaan itu mulai dihindari kalau tidak mau lemas saat bangun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News