Mantan MenPAN Sarankan Moratorium CPNS Pelamar Umum

Mantan MenPAN Sarankan Moratorium CPNS Pelamar Umum
Tes CPNS sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) EE Mangindaan menyarankan pemerintah melakukan moratorium CPNS untuk pelamar umum. Sedangkan honorer K2 yang tidak lulus tes tapi asli diangkat sesuai jumlah PNS yang pensiun.

"Semasa saya jadi MenPAN-RB, kalau tidak salah setiap tahun sekitar 130 ribu PNS yang pensiun. Nah, untuk menyelesaikan honorer K2 ini, cukup moratoriumkan pelamar umum saja," kata Mangindaan dalam raker Komisi II DPR RI dengan MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi, Rabu (8/4).

Dengan cara itu, lanjutnya, maksimal tiga tahun masalah honorer K2 bisa tertangani. Saat ini ada 439 ribu honorer K2, yang belum disisir datanya asli atau tidak.

"Kalau mau angkat yang asli saya rasa tidak makan waktu lama. Kan yang bersuara keras adalah honorer asli yang jatahnya diambil K2 bodong," tuturnya.

Dia memahami keinginan Yuddy untuk mendapatkan SDM fresh graduate. Namun, selama masalah K2 belum tuntas, ini akan terus merongrong pemerintah sehingga harus diselesaikan secepatnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) EE Mangindaan menyarankan pemerintah melakukan moratorium


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News