Bahagia Ditugaskan jadi Dandim di Kampung Halaman

Bahagia Ditugaskan jadi Dandim di Kampung Halaman
Dandim 0903 Tanjung Selor Letnan Kolonel Oni Aprianur bersama istri. Foto: Istimewa

jpnn.com - MENJABAT Komandan Kodim 0903 Tanjung Selor menggantikan Letkol Gema Repelita sejak 20 Februari 2013 lalu, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Letkol Kav. drh Oni Aprianur. Karena Tanjung Selor merupakan kampung halamannya.

“Mulai sekolah SD sampai SMA saya di Tanjung Selor. SDN 01, SMPN 1 dan SMAN 1 Tanjung Selor. Lulus SMA pada tahun 1983 menjadi lulusan terbaik di Tanjung Selor,”ujar pria kelahiran Tanjung Selor 4 Oktober 1964 ini.

Usai lulus dari bangku SMA, Oni berkesempatan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Bahkan, suami dari Yenny Suryanny ini menjadi satu-satunya perwakilan Tanjung Selor untuk masuk di perguruan tinggi Institut Pertanian Bogor (IPB) mengambil jurusan dokter hewan.

Saat masuk di perguruan tersebut, Oni mengaku tidak melalui tes. Padahal jika melihat persaingan dari kota besar, sebut saja Surabaya, Malang, Jakarta, Bandung, Medan dan kota besar lainnya, cukup berat bisa menembus di IPB.

“Saya bangga bisa lolos di IPB tanpa tes dan mengharumkan nama Tanjung Selor. Alhamdulillah saya tidak kalah dengan pelajar dari kota besar,” kata pria yang selalu meraih ranking 1 sejak duduk di bangku SD hingga SMA ini.

Mengeyam pendidikan di IPB selama 7 tahun dengan mengambil jurusan Dokter Hewan, pada tahun 1990 pun dinyatakan lulus. Oni menceritakan bahwa tak mudah untuk meraih gelar tersebut, karena mahasiswa yang masuk ada kisaran 2.000 orang. Terlebih lagi latar belakang pendidikan di Tanjung Selor pada waktu itu masih tertinggal jauh. Apalagi banyak mahasiswa yang sampai di Drop Out (DO).

Saat masuk di perguruan tinggi, Oni tanpa dibantu siapa-siapa. Bahkan, kedua orang tuanya saat itu berprofesi sebagai kepala sekolah SMP (ayah) dan SD (ibu) di salah satu sekolah negeri di Tanjung Selor.

“Saya ini merupakan anak guru yang ingin mewujudkan cita-cita, agar dapat membahagiakan orang tua,” kisah bapak tiga anak ini.

MENJABAT Komandan Kodim 0903 Tanjung Selor menggantikan Letkol Gema Repelita sejak 20 Februari 2013 lalu, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Letkol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News