Menteri Susi Lepas Ratusan Kepiting Bertelur di Bali

Menteri Susi Lepas Ratusan Kepiting Bertelur di Bali
Menteri Susi Lepas Ratusan Kepiting Bertelur di Bali

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP),Susi Pudjiastuti melepas ratusan ekor kepiting bertelur di Kawasan Hutan Mangrove Wanasari Tuban, Bali. Ratusan ekor kepiting bertelur tersebut merupakan hasil tangkapan dari Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Denpasar (BKIPM).

Susi berharap, sebanyak 450 ekor kepiting bertelur dengan ukuran mencapai 800 gr/ekor yang berasal dari Jakarta dan Balikpapan itu bisa bermanfaat bagi masyarakat di area Tuban. Dia juga mengingatkan kepada masyarakat di Tuban untuk selalu menjaga kelestarian kepiting bertelur yang telah dilepas.

"Agar keberlanjutan kepiting bertelur tetap terjadi, diharapkan tidak mengeksploitasi kepiting betina. Biarkan diberikan peluang untuk bereproduksi dan berkembang. Untuk tetap menjaga alam. Mudah-mudahan restoking kali bermanfaat dan hasilnya dapat dinikmati anak cucu kita," harap Susi dalam siaran persnya, Jumat (10/4).

Selama ini, sambung Susi, keberadaan dan ketersediaan kepiting telah mengalami penurunan populasi. Pasalnya, eksploitasi secara besar-besaran dilakukan tanpa mempertimbangkan ukuran dan kondisi kepiting.

"Padahal mereka (kepiting) sedang bertelur. Ini sangat mengancam ketersediaan dan keberlangsungan biota hayati. Tidak mustahil akan terjadi kepunahan biota-biota laut kalau terus dibiarkan. Makanya ini harus dijaga bersama," pinta bos maskapai Susi Air ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP),Susi Pudjiastuti melepas ratusan ekor kepiting bertelur di Kawasan Hutan Mangrove Wanasari Tuban,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News