Wali Kota Cantik Ini Luncurkan Simponie

Wali Kota Cantik Ini Luncurkan Simponie
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmy Diani. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - WALI KOTA Tangerang Selatan, Airin Rachmy Diani meluncurkan Simponie atau Sistem Informasi Manajemen Perizinan Online untuk jenis perizinan SIUP TDP yang dapat diselesaikan tuntas dalam satu hari kerja (one day clear).

Peluncuran itu dilakukan Jumat (10/4), kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Tangsel, Banten. Peluncuran dihadiri oleh Perwakilan Kementerian Perdagangan, serta tamu undangan lainnya dari anggota DPRD Kota Tangsel dan beberapa Kepala SKPD, para  pengusaha serta tokoh masyarakat. Simponie diharapkan  dapat menjadi contoh atau protype bagi daerah lain khususnya di Provinsi Banten.

Kepala BP2T Kota Tangsel, Dadang Sofyan, mengatakan, Simponie adalah salah satu program pelayanan SIUP TDP secara online dari beberapa pelayanan online yang sudah terlebih dahulu dilakukan oleh Pemkot Tangsel, seperti e-Musrenbang dan e-SPPTPBB.

"Rencananya, secara bertahap selain SIUP TDP seluruh perizinan lainnya juga akan dilakukan secara online," kata Dadang dalam siaran persnya, Jumat (10/4).

Dia berharap, dengan pelayanan online masyarakat Kota Tangsel dituntut untuk beradaptasi dengan dunia maya, sehingga pendaftaran perizinan khususnya SIUP TDP dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa mengenal ruang serta batas waktu.

"SIUP TDP yang telah disetujui (approved) pemohonannya oleh BP2T akan diberitahukan kepada pemohon lewat SMS Gateway," katanya.

Kemudahan lain yang diperoleh dengan sistem Simponie adalah dari cara pengecekan dokumen. Stakeholder yang berkepentingan untuk mengetahui keabsahan SIU TDP cukup menggunakan aplikasi QR Code.

"Sehingga perbankan, LPSE atau siapa pun dapat mengkonfirmasikan keabsahan SIUP TDP tanpa harus datang ke BP2T, cukup menggunakan handphone pemohon yang telah terinstal aplikasi QR Code maka langsung dapat diketahui siapa pemilik SIUP TDP sesungguhnya," katanya.(boy/jpnn)

WALI KOTA Tangerang Selatan, Airin Rachmy Diani meluncurkan Simponie atau Sistem Informasi Manajemen Perizinan Online untuk jenis perizinan SIUP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News