Yosandy Lip San, 10 Tahun Geluti Profesi 'Pembaca' Tulisan Tangan

Sarankan Ubah Huruf G-J-Y agar Klien Tidak Boros

Yosandy Lip San, 10 Tahun Geluti Profesi 'Pembaca' Tulisan Tangan
Yosandy Lip San (kanan) saat menjelaskan hasil analisis grafologi tulisan tangan kliennya, Meydian, di Surabaya pekan lalu. Foto: WS Hendro/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - GURAT-gurat karakter tulisan seseorang juga bisa menentukan ’’peruntungan’’ hidupnya. Setidaknya, itulah ilmu yang dikuasai Yosandy Lip San, salah seorang grafolog atau ahli pembaca tulisan tangan Indonesia.

Laporan Andina Setyaning Rahayu, Surabaya

"Anda termasuk tipe orang yang susah mendapat motivasi dari dalam diri sendiri. Jadi, perlu motivasi dari orang lain,” kata Yosandy Lip San saat membaca tulisan tangan Meydian, salah seorang kliennya, di sebuah rumah makan di Surabaya, Jumat (3/4) dilansir Jawa Pos (induk JPNN.com), Sabtu (11/4).

Bukan hanya itu. Lip San juga membeberkan analisisnya tentang kondisi keuangan, asmara, dan kepribadian Meydian. Sang klien pun hanya senyum-senyum saat mendengar "jati dirinya" dipaparkan semua.

Keahlian Lip San membaca karakter tulisan tangan seseorang tidak datang begitu saja atau bawaan lahir. Dia mempelajarinya cukup lama meski secara otodidak. Ditambah ilmu psikologi yang dia pelajari sebelumnya.

Pekerjaan yang pernah dia tekuni di sejumlah perusahaan besar sebagai general affair manager dan human resources manager selama 20 tahun ikut memperkaya ilmu grafologi pria 41 tahun itu. Terutama terkait dengan karakter para pegawai di kantor tempat Lip San bekerja.

”Saya memang tertarik mempelajari sifat dan karakter manusia. Dari situ saya sedikit banyak jadi tahu karakter calon pegawai saat proses rekrutmen,” ujarnya.

Menurut Lip San, karakter seseorang tidak hanya dapat dilihat dari wajah, mata, dan bahasa tubuh. Tetapi, tulisan tangan juga bisa. Karena itulah, Lip San lalu mempelajari grafologi pada 1993 secara otodidak dan dari buku-buku referensi. Dia menggunakan tulisan diri sendiri, keluarga, dan teman-teman sebagai objek penelitian.

GURAT-gurat karakter tulisan seseorang juga bisa menentukan 'peruntungan' hidupnya. Setidaknya, itulah ilmu yang dikuasai Yosandy Lip San, salah seorang grafolog.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News