Rela Antre Lima Jam Demi Rp 600 Ribu

Rela Antre Lima Jam Demi Rp 600 Ribu
Warga miskin berjubel menunggu pencairan dana PSKS di Kantor Pos Besar Banyuwangi, Sabtu (11/4) siang. Foto: Galih Cokro/Radar Banyuwangi/JPNN

jpnn.com - BANYUWANGI – Ribuan warga berjubel di halaman belakang Kantor Pos Banyuwangi, Sabtu (11/4) untuk mendapatkan dana program simpanan keluarga sejahtera (PSKS). Mereka harus antre berjam-jam untuk mendapatkan dana bantuan pemerintah sebesar Rp 600 ribu tersebut.

Berdasar pantauan di lokasi, antrean sudah terjadi mulai pukul 06.30. Semakin siang, jumlah warga yang datang untuk mengambil dana PSKS semakin banyak. Tak sedikit warga yang membawa anak mereka yang masih balita ketika antre. Untung, tak sampai terjadi kericuhan dalam pembagian dana PSKS kali ini.

Berdasar informasi yang dikumpulkan koran ini, pembagian dana PSKS hari pertama kemarin dialokasikan untuk para penerima dari sembilan kelurahan di Kecamatan Banyuwangi. Jumlah penerima dana PSKS yang disalurkan pada hari pertama kemarin mencapai 3.169 kepala keluarga (KK).

Perinciannya, 459 KK asal Kelurahan Lateng, 454 KK dari Kertosari, 352 KK asal Kelurahan Karangrejo, dan 291 KK dari Kelurahan Kebalenan. Pembagian pada hari pertama juga ditujukan kepada warga Kelurahan Kampung Melayu (166 KK), Kampung Mandar (288 KK), Kepatihan (255 KK), Pakis (428 KK), dan Panderejo (241 KK).

Mengingat banyaknya jumlah penerima dana PSKS, Kantor Pos Banyuwangi terpaksa menerapkan jadwal pembagian secara bergelombang. Setiap termin dana PSKS dibagikan kepada penerima dari tiga kelurahan. Jadi, penumpukan warga dan antrean yang terlalu panjang dapat dihindari.

Sementara itu, pembagian dana PSKS di kantor pos hari ini (12/4) dijadwalkan untuk penerima dari sembilan kelurahan lainnya di Kecamatan Banyuwangi. Yakni Kelurahan Penganjuran, Pengantigan, Singonegaran, Singotrunan, Sobo, Sumberrejo, Tamanbaru, Temenggungan, dan Tukang Kayu.

Nasri, 75, salah seorang penerima dana PSKS asal Kelurahan Karangrejo, mengatakan kali terakhir mendapatkan dana serupa pada Desember 2014. Kala itu dia menerima bantuan uang tunai dari pemerintah Rp 400 ribu.

”Untuk pembagian kali ini, saya menerima Rp 600 ribu,” ujarnya dilansir Radar Banyuwangi (Grup JPNN.com), Minggu (12/4).

BANYUWANGI – Ribuan warga berjubel di halaman belakang Kantor Pos Banyuwangi, Sabtu (11/4) untuk mendapatkan dana program simpanan keluarga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News