Gaet Turis 30 Juta Orang, Tiga Negara Ini Kerjasama Bikin Even Besar

Gaet Turis 30 Juta Orang, Tiga Negara Ini Kerjasama Bikin Even Besar
Gaet Turis 30 Juta Orang, Tiga Negara Ini Kerjasama Bikin Even Besar

jpnn.com - TOKYO - Selain menjadi salah satu negeri penyumbang wisatawan terbesar di dunia, Tiongkok ingin negaranya dijadikan tujuan wisata. Untuk itu, mereka bekerja sama dengan Korea Selatan dan Jepang dalam program Visit East Asia (Kunjungi Asia Timur, Red). 

Kerja sama tersebut diresmikan Menteri Pariwisata Jepang Akihiro Ota, Kepala Departemen Pariwisata Nasional Tiongkok Li Jinzao, dan Menteri Pariwisata Korea Selatan (Korsel) Kim Jong-deok. 

"Ketiga kementerian akan bekerja sama dalam kampanye Visit East Asia untuk menarik turis dari Amerika Serikat (AS), Eropa, dan negara-negara lainnya dalam berbagai event besar pada tahun-tahun mendatang," ujar panitia dalam pernyataan bersama yang dilansir Jiji Press. Termasuk Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korsel, dan Olimpiade serta Paralimpiade di Tokyo, Jepang, pada 2020. 
 
Dalam pembicaraan tersebut, mereka menargetkan kenaikan kunjungan wisata ke tiga negara hingga 30 juta orang selama lima tahun ke depan. Tahun lalu kunjungan wisata ke Jepang, Tiongkok, dan Korsel hanya 20 juta orang. Nanti setiap negara mengambil langkah tertentu untuk mencegah terjadinya masalah karena perbedaan keseharian antara para turis dan penduduk lokal. 
 
"Turis Tiongkok harus berlaku lebih baik ketika berkunjung ke Jepang dan negara-negara lainnya," tegas Li Sabtu lalu (11/4), sebelum pertemuan resmi berlangsung. "Banyak turis Tiongkok yang tidak punya pengalaman ke luar negeri sebelumnya. Karena itu, mereka tidak tahu bagaimana harus berlaku sopan," tambahnya. 
 
Pertemuan tersebut menjadi tonggak sejarah bagi ketiga negara. Sebab, biasanya mereka lebih sibuk membahas sengketa wilayah. Jepang dan Korsel bersengketa terkait Semenanjung Korea. Sedangkan Jepang dan Tiongkok memiliki masalah serupa. (AFP/The Japan Times/sha/c10/tia/jpnn)


TOKYO - Selain menjadi salah satu negeri penyumbang wisatawan terbesar di dunia, Tiongkok ingin negaranya dijadikan tujuan wisata. Untuk itu, mereka


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News