Di Sini Lokasi Museum Perjalanan Hidup SBY Bakal Dibangun

Di Sini Lokasi Museum Perjalanan Hidup SBY Bakal Dibangun
Di Sini Lokasi Museum Perjalanan Hidup SBY Bakal Dibangun

jpnn.com - HARAPAN Pemkab Pacitan memiliki museum untuk mengenang perjalanan hidup mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tampaknya, bakal terwujud. Berdasar informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Pacitan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-Pera) sudah menentukan lokasi pembangunan museum yang kelak diberi nama Museum Pacitan tersebut.

Lokasinya berada di kawasan Pantai Pancer Door. Bukan hanya itu, konsultan yang ditunjuk Kemen PU-Pera rencananya bertandang ke Pacitan untuk melakukan presentasi di hadapan pejabat terkait. ''Informasi yang saya terima dalam waktu dekat ini. Soalnya, DED (detail engineering design) sudah saya terima,'' ujar Tonny Setyo Nugroho, Kasi Tata Bangunan DCKTRK Pacitan.

Pemilihan Pancer Door sebagai lokasi pembangunan telah melalui beberapa pertimbangan. Selain memiliki lahan yang luas dibandingkan dua tempat lainnya, yakni kawasan Sports Center dan sekitar area Landasan Udara (Lanud) Iswahjudi, lokasi itu dinilai paling representatif. Sebab, berkaitan langsung dengan pengembangan objek wisata setempat. ''Saat ini kami urus surat penetapan lokasi ke bupati,'' katanya.

Untuk kebutuhan dana pembangunan Museum Pacitan itu, Tonny belum bisa berbicara banyak. Sebab, yang menggarap langsung adalah Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. ''Soal biayanya, masih dihitung. Kan dana itu muncul setelah adanya proses DED,'' jelasnya.

Biaya yang dibutuhkan berdasar DED Museum Pacitan dimungkinkan mencapai miliaran rupiah. Sebab, sesuai dengan konsep desain bangunan itu, hampir keseluruhan sisi bangunannya berbahan beton. ''Apalagi mengingat lokasi pembangunan Museum Pacitan di pinggir pantai. Jadi, apabila dipaksakan struktur bangunannya berbahan besi, akan mudah karatan,'' paparnya. (her/eba/any/mas)


HARAPAN Pemkab Pacitan memiliki museum untuk mengenang perjalanan hidup mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tampaknya, bakal terwujud.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News