Gelar Pilkada Akhir Tahun Banyuwangi Siapkan Rp 49,8 M

Gelar Pilkada Akhir Tahun Banyuwangi Siapkan Rp 49,8 M
Gelar Pilkada Akhir Tahun Banyuwangi Siapkan Rp 49,8 M

jpnn.com - BANYUWANGI -  Di akhir tahun ini, Kabupaten Banyuwangi akan menggelar pesta pemilihan umum kepala daerah (Pilkada). Pemerintah daerah pun telah siap menganggarkan penyelenggaraan hajatan demokrasi tersebut di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Jumlahnya mencapai Rp 49,8 miliar.

Kepala Bagian Pemerintahan Anacleto Da Silva mengatakan, kepemimpinan Bupati Banyuwangi saat ini, Abdullah Azwar Anas, akan berakhir pada Oktober 2015. Selanjutnya pemilihan kepala daerah Banyuwangi akan berlangsung  pada bulan Desember 2015. 

“Masa jabatan Bupati Anas hanya tinggal  6 bulan lagi. Setelah itu untuk mengisi kekosongan pemimpin sampai dilaksanakannya pilkada akan diisi oleh pelaksana tugas bupati yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujar Anacleto.

Pemkab Banyuwangi sendiri telah menyiapkan anggaran untuk Pemilukada di dalam APBD sebesar Rp 49,8 miliar. Anggaran sejumlah itu nantinya akan diserahkan ke  KPU sebagai dana hibah untuk membiayai semua keperluan pemilu.

“Dalam APBD 2015 dana sejumlah itu memang dianggarkan untuk keperluan pilkada. Namun dalam perkembangan selanjutnya ternyata hasil konsultasi bersama KPU ternyata ada penambahan biaya-biaya seperti biaya kampanye dan lainnya yang belum terakomodasi. Nanti pemda masih mungkin menambahi anggaran tersebut lewat APBD perubahan yang dijadwalkan sekitar bulan Juni,” terang Anacleto.

Anacleto menambahkan, sesuai UU no 8/2015, pemilihan kepala daerah baik gubernur maupun bupati, hanya dilakukan melalui satu putaran. Maka dia pun berharap Pemilukada nantinya akan berjalan dengan lancar, aman dan situasi yang kondusif. Tidak perlu ada kampanye hitam antarkandidat.

“Sebagai aparatur sipil dan juga bagian dari masyarakat Banyuwangi, kami berharap pemilukada nanti bisa berjalan dengan baik. Semua calon kepada daerah juga kita harapkan bisa memberikan kualitas terbaiknya lewat kampanye yang sejuk untuk ditunjukkan kepada konstituen pemilih agar Banyuwangi bisa mendapatkan pemimpin yang bisa membawa daerah lebih maju lagi,” pungkas Anacleto. (eri/mas)


BANYUWANGI -  Di akhir tahun ini, Kabupaten Banyuwangi akan menggelar pesta pemilihan umum kepala daerah (Pilkada). Pemerintah daerah pun telah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News