Ini Tantangan Kalbar Versi Menteri Andrinof

Ini Tantangan Kalbar Versi Menteri Andrinof
Ini Tantangan Kalbar Versi Menteri Andrinof

jpnn.com - PONTIANAK- Berbagai masalah yang dihadapi Kalimantan Barat tak luput dari perhatian Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago. Menteri asal Padang itu mengatakan, ada beberapa masalah utama yang kini dihadapi Kalbar.

Di antaranya ialah masih rendahnya kualitas sumber daya manusia. Selain iu, adanya kesenjangan antargolongan maupun wilayah yang semakin meningkat. Itu ditunjukkan dari rasio gini dan indeks Williamson yang terus meningkat.

“Kontribusi perekonomian Kalbar terhadap perekonomian nasional juga menurun. Selain itu, kontribusi sektor pertanian. Sementara, sebagian besar penduduk masih bekerja di sektor perekonomian,” terang Andrinof saat membuka Musrenbangprov Kalbar, Selasa (14/4).

Di samping tiga masalah itu, ada berbagai problematika lain yang dihadapi Kalbar di masa mendatang. Di antaranya ialah rendahnya penyerapan pekerja di sektor industri pengolahan.

“Selain itu, rendahnya akumulasi tabungan dan investasi masyarakat di sektor produktif serta masih rendahnya porsi belanja modal yang merupakan investasi publik,” tegas Andrinof. (jos/jpnn)

 

 


PONTIANAK- Berbagai masalah yang dihadapi Kalimantan Barat tak luput dari perhatian Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago. Menteri asal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News