Menteri Andrinof Targetkan Ekonomi Kalbar Naik 6 Persen

Menteri Andrinof Targetkan Ekonomi Kalbar Naik 6 Persen
Menteri Andrinof Targetkan Ekonomi Kalbar Naik 6 Persen

jpnn.com - PONTIANAK- Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menaruh perhatian serius terhadap ekonomi di Kalimantan Barat. Andrinof berharap, ekonomo Kalbar akan tumbuh pesat.

Dia menargetkan ekonomi Kalbar akan melesat enam persen pada 2016 mendatang. Sebagaimana diketahui, ekonomi Kalbar hanya tumbuh 5,02 persen sepanjang 2014 lalu.

Dengan pertumbuhan yang tinggi, angka pengangguran terbuka juga bisa ditekan menjadi 2,5 persen. Andrinof mengatakan, diperlukan penyelarasan antara perencanaan pembangunan nasional dengan daerah.

“Penyelarasan disesuaikan dengan kondisi, potensi dan karakteristik daerah yang disesuaikan dengan pembagian urusan pemerintahan antara pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten/kota,” terang Andrinof saat membuka Musrenbangprov Kalbar, Selasa (14/4).

Keselarasan itu bisa diwujudkan dalam beberapa hal. Di antaranya ialah strategi dan arah kebijakan pembangunan jangka menengah daerah yang selaras dengan kebijakan umum nasional.

Selain itu, kebijakan umum dan pembangunan jangka menengah daerah yang sejalan dengan pencapaian sasaran rencna bidang sebagaimana tertuang dalam buku II RPJMN 2015-2019.

“Selain itu, sasaran program jangka menengah daerah yang sejalan dengan pencapaian sasaran dan arah pembangunan kewilayahan yang tercantum dalam buku III RPJMN 2015-2019,” tegas Andrinof. (jos/jpnn)

 

PONTIANAK- Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menaruh perhatian serius terhadap ekonomi di Kalimantan Barat. Andrinof berharap, ekonomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News