Kisah Sukses Startup Gaet Investor

Kisah Sukses Startup Gaet Investor
Kisah Sukses Startup Gaet Investor

jpnn.com - JAKARTA - Peran investor sangat dibutuhkan agar sebuah startup bisa berkembang menjadi  bisnis yang besar dan maju. Pasalnya, suntikan dana segar dari investor diperlukan untuk ekspansi agar bisnis  terus berkembang.

Sementara, tidaklah mudah meyakinkan investor hingga mau menyuntikkan dananya kepada startup.

"Investor itu sangat concern dengan kinerja dan kontinuitas sebuah bisnis. Jika sebuah startup mampu menunjukkan kinerja bisnisnya tumbuh secara kontinu, seorang investor tidak akan tanggung-tanggung menggelontorkan dananya,” ujar Achmad Zaky, Founder & CEO Bukalapak, dalam keterangannya, Rabu (15/4).

Dia lantas berbagi pengalaman membangun Bukalapak. Awalnya, banyak investor yang menolak mentah-mentah proposal yang diajukannya. Namun, penolakan itu melecutnya untuk terus berbenah agar menjadi lebih baik lagi.

"Kami selalu menerima feedback positif dari para investor yang menolak proposal Bukalapak dan menjadi cara untuk memperbaiki Bukalapak,” ujarnya saat menjadi pembicara di acara Echelon 2015 Startup Conference di Jakarta.

Dari penolakan-penolakan itu, Zaky berkesimpulan bahwa kunci keberhasilan agar dipercaya oleh investor kalau dia bisa membuktikan bahwa secara produk, Bukalapak adalah produk yang bagus, selalu berkembang secara berkelanjutan. Fakta inilah yang membuat Zaky bersama timnya terus memperbaiki kinerja Bukalapak.

Zaky juga aktif mengikuti berbagai konferensi yang ada kaitannya dengan startup. Tak hanya sekedar menjadi peserta pasif, Zaky juga rajin membangun jejaring memperkenalkan Bukalapak kepada semua orang dan calon investor. Hasilnya, setahun setelah berdiri, Bukalapak mendapat pendanaan dari Batavia Incubator, perusahaan gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group.

“Dana segar dari Batavia ini kami gunakan untuk lebih mengembangkan Bukalapak. Kami mampu membuat kinerja bisnis Bukalapak tetap tumbuh secara konsisten (steady grow) bahkan tumbuh secara eksponensial,” ujar Zaky.

JAKARTA - Peran investor sangat dibutuhkan agar sebuah startup bisa berkembang menjadi  bisnis yang besar dan maju. Pasalnya, suntikan dana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News