Klaim Reklamasi Teluk Benoa Berikan Dampak Positif untuk Bali

Klaim Reklamasi Teluk Benoa Berikan Dampak Positif untuk Bali
Klaim Reklamasi Teluk Benoa Berikan Dampak Positif untuk Bali

jpnn.com - JAKARTA - Beberapa kalangan menilai bahwa Peraturan Presiden No 51 Tahun 2014 tentang revitalisasi Teluk Benoa dengan cara melakukan Reklamasi Teluk Benoa merupakan suatu langkah yang tepat. Bahkan, Ketua Umum Masyarakat Pariwisata Indonesia I Wayan Suarta berpendapat bahwa reklamasi itu akan menjadikan Bali tetap sebagai primadona tujuan wisata dunia.

“Diharapkan akan ada perluasan lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata yang bernuansa Blue Aquatourisn and Green Agrotourism yang baru ada satu satunya didunia seperti diteluk karibia,”ujarnya. 

Selain itu, kata Suarta, reklamasi juga akan menjawab persoalan di Bali terkait berkurangnya lahan akibat dari pembangunan Bali yang sangat pesat. 

Dia lantas mengklaim bahwa adanya jalan tol dan pemasangan pipa gas yang melewati Teluk Benoa dan pelabuhan laut internasional telah merubah teluk tersebut tidak lagi menjadi daerah konservasi air. 

“Bahkan, saat ini, ancaman terjadinya abrasi Teluk Benoa akan mengancam keberadaan situs situs Pura Hindu,” ujarnya.

Jadi dia pun kukuh berpendapat bahwa reklamasi akan membantu masyarakat Bali. Menurutnya, reklmasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Badung dan Bali karena akan memberikan dampak yang positif bagi ekonomi, budaya, sosial dan lingkungan hidup.

“Harus diingat program bebas visa bagi 30 negara yang dilakukan pemerintah dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean berdampak pada jumlah kunjungan turis ke Bali. Karenanya Bali harus banyak berbenah,” katanya. (mas/jpnn)

JAKARTA - Beberapa kalangan menilai bahwa Peraturan Presiden No 51 Tahun 2014 tentang revitalisasi Teluk Benoa dengan cara melakukan Reklamasi Teluk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News