Gubernur Kalbar Minta Jokowi Lebih Peduli pada Wilayah Perbatasan

Gubernur Kalbar Minta Jokowi Lebih Peduli pada Wilayah Perbatasan
Gubernur Kalbar Minta Jokowi Lebih Peduli pada Wilayah Perbatasan

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Cornelis meminta Presiden Joko Widodo memperhatikan wilayah perbatasan di provinsinya. Cornelis mengatakan, masalah perbatasan di Kalbar adalah minimnya infrastruktur.

Menurut Cornelis, pembangunan infrastruktur wilayah perbatasan sudah dimulai dua tahun sebelum pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berakhir. Kini, pembangunan wilayah perbatasan dilanjutkan di era Presiden Jokowi dengan dana sekitar Rp 2,7 triliun.

Hanya saja, dana itu sebagian besar untuk mengelola kawasan hutan. “Jadi sepanjang perbatasan yang menyangkut hutan lindung, kawasan hutan produksi, sedang diselesaikan dengan kementerian terkait," kata Cornelis dalam jumpa pers usai pertemuan antara kepala daerah yang tergabung dalam Forum Kerjasama Revitalisasi dan Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK) dengan Presiden Jokowi  di kantor kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/4).

Lebih lanjut Cornelis menjelaskan, dana itu  juga digunakan untuk pembangunan border atau pintu perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalbar. Namun, kata Cornelis, pemerintah daerah menginginkan border itu dibangun dengan standar internasional.

"Presiden sudah pernah melihat ke sana (border). Kami sampaikan untuk pembebasan lahannya menjadi tanggung jawab pemerintah nasional, bukan daerah,” imbuh Cornelis.

Cornelis mengungkapkan dalam pertemuan tersebut, presiden juga meminta masukan para gubernur dari Kalimantan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan APBN Tahun 2016.(flo/jpnn)


JAKARTA - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Cornelis meminta Presiden Joko Widodo memperhatikan wilayah perbatasan di provinsinya. Cornelis mengatakan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News