Penantang SBY Bakal Makin Marak Jelang Kongres PD

Penantang SBY Bakal Makin Marak Jelang Kongres PD
Penantang SBY Bakal Makin Marak Jelang Kongres PD

jpnn.com - JAKARTA – Tensi politik di internal Partai Demokrat (PD) meningkat jelang pelaksanaan kongres di Surabaya, 11-13 Mei mendatang. Sejumlah kader sudah menyatakan siap menantang Susilo Bambang Yudhoyono dalam perebutan kursi ketua umum partai berlambang mercy itu.

Pengamat politik Gun Gun Heryanto memprediksi dinamika menjelang kongres PD akan berjalan seru dan menarik. "Bahkan, kecenderungan bisa berpotensi terjadi bubble politics," katanya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/4).

Menurutnya, ada sejumlah kader PD yang selama ini tiarap bakal meramaikan kongres untuk mendongkrak eksistensi. "Entah dari loyalis mantan ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum atau kader lainnya," tuturnya.

Gun Gun mencontohkan anggota DPD Gede Pasek Suardika yang siap maju dalam pencalonan ketua umum PD. "Orang-orang ini akan bermain dan menunggu saat kongres tiba," ungkap direktur eksekutif The Political Literacy Institute itu.

Dia mengapresiasi keberanian Pasek maju sebagai sebagai lawan tanding SBY dalam kongres. Hal itu akan membuka peluang terjadinya kompetisi. "Walaupun tidak sebanding, tapi itu menarik dalam demokrasi internal," tandas Gun Gun.

Gede Pasek Suardika sendiri mengatakan jika SBY tetap mencalonkan sebagai ketum, maka itu melanggar janjinya yang mempersilakan kader untuk maju. "Dulu kan beliau menyatakan nggak ingin maju lagi," katanya.

Menurut Pasek, sejumlah kader Demokrat menginginkan adanya regenerasi dan memastikan ada ruang kebebasan. "Soal menang kalah itu nomor dua. Nantinya kalau ada kader yang tidak ingin SBY jadi ketum maka jangan dipaksakan," ucap Gede.(jawapos)

JAKARTA – Tensi politik di internal Partai Demokrat (PD) meningkat jelang pelaksanaan kongres di Surabaya, 11-13 Mei mendatang. Sejumlah kader


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News