Menpora Suriname Keturunan Jawa Ini Ingin Bangun Kompleks Seperti Senayan

Menpora Suriname Keturunan Jawa Ini Ingin Bangun Kompleks Seperti Senayan
Menpora Imam Nahrawi (kanan) bersalaman dengan Menpora Suriname Ismanto Adna (kiri) usai menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di bidang olahraga dan pemudadi ruang kerjanya lantai 10, Kemenpora, Jakarta, Selasa pagi (14/4). Foto.Dok/Indopos/JPNN.com

jpnn.com - BAMBANG Ismanto Adna, mendengar nama itu, orang Indonesia tentu tak asing. Tapi, nama itu sudah jarang diberikan kepada anak-anak pada era 2000-an sampai saat ini. Nama Bambang, mungkin lebih familiar sampai era awal 1990-an. Tapi, nama Bambang yang disebutkan di awal tadi, bukanlah sembarang orang.

Dia adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Suriname. Sebuah negara kecil yang terletak di Amerika Selatan, di sekitar laut Karibia.

Namanya yang identik dengan nama orang Jawa, memang menegaskan asal muasal sang menteri. Dia adalah keturunan putra Jawa asli, yang menjadi imigran pada era penjajahan Belanda .

"Saya keturunan keempat," katanya dengan bahasa jawa.

Namun, jangan bayangkan bahasa jawa Bambang cukup lancar. Karena sudah menjadi keturunan keempat, kemampuan boso Jowo-nya sudah kaku dan sedikit. "Kalau mendengarkan, anda bicara saya paham. Tapi tidak bisa berbicara lancar. Bahasa inggris saja ya," katanya dalam bahasa Inggris.

Salah satu fotografer yang mendampinginya, juga bermuka Jawa. Dia adalah Selamet, dia masih bisa berbahasa Jawa, tapi Jawanya ngoko.

Menurut keterangannya, saat ini bahasa Jawa tak lagi banyak digunakan oleh generasi muda. Bahasa resmi penduduk Surinamen adalah Belanda.

"Saya bisa tapi tak sebagus orang tua atau kakek saya," kata Slamet dengan bahasa jawa tengah-an.

BAMBANG Ismanto Adna, mendengar nama itu, orang Indonesia tentu tak asing. Tapi, nama itu sudah jarang diberikan kepada anak-anak pada era 2000-an

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News