F-16 Terbakar Saat Jokowi Resmi Jadi Warga Pasukan Khusus TNI

F-16 Terbakar Saat Jokowi Resmi Jadi Warga Pasukan Khusus TNI
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Danjen Kopassus, Mayjen TNI Doni Monardo (kanan) dan Kepala Staf TNI AD Jenderal Gatot Nurmantyo (samping kiri Jokowi) serta Panglima TNI Jenderal Moeldoko (paling kiri). Foto: Natalia Fatimah/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Salah satu pesawat tempur milik TNI AU, F-16 mengalami insiden kecelakaan di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma. Sejatinya, salah satu pesawat perang andalan TNI itu bakal melakukan fly pass ke Mabes TNI Cilangkap. Pesawat itu rencananya turut meramaikan upacara penerimaan dan pengangkatan Presiden Joko Widodo sebagai Warga Kehormatan Pasukan Khusus TNI. 

Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut lantaran pilot Letkol (pnb) Firman Dwi Cahyono berhasil menyelamatkan diri. 

Sementara itu yang turut hadir dalam kegiatan di Mabes TNI adalah Panglima Jenderal Moeldoko didampingi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna, Perwira Tinggi (Pati) Mabes TNI dan Danjen Kopassus Doni Monardo serta para menteri Kabinet Kerja.

"Pengangkatan Presiden sebagai warga kehormatan Padukan Khusus TNI ini selaras dengan UUD 1945 Pasal 10 yang menyatakan bahwa presiden memegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," ujar Jenderal Moeldoko saat memberikan sambutannya.

Panglima TNI mengangkat presiden sebagai Warga Kehormatan Pasukan Khusus TNI ditandai dengan pemasangan Baret dan Jaket Mabes TNI dan Angkatan oleh Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan.

Tema acara ini adalah Melalui Apel Kebesaran dan Pengangkatan Presiden Selaku Pemegang Kekuasaan Tertinggi TNI sebagai Warga Kehormatan Pasukan Khusus TNI, Kita Wujudkan Profesionalisme Prajurit Guna Mendukung Pelaksanaan Tupok TNI.

Menurut Moeldoko, tujuan apel kebesaran ini adalah untuk menciptakan suasana batin  dalam penghayatan  kehidupan keprajuritan. Dengan begitu, bisa berimplikasi pada terjalinnya hubungan emosional sehingga presiden berkomitmen terhadap kemajuan institusi TNI.

"Diharapkan terciptanya hubungan emosional presiden sebagai entitas TNI sehingga mampu memahami berbagai kondisi dan dinamika kehidupan prajurit TNI," imbuhnya.

JAKARTA - Salah satu pesawat tempur milik TNI AU, F-16 mengalami insiden kecelakaan di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma. Sejatinya, salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News