Kalsel Segera Bebaskan Lahan untuk Jalur KA Banjarmasin-Tanjung

Kalsel Segera Bebaskan Lahan untuk Jalur KA Banjarmasin-Tanjung
Kalsel Segera Bebaskan Lahan untuk Jalur KA Banjarmasin-Tanjung

jpnn.com - BANJARMASIN – Rencana sejumlah wilayah di Kalsel terhubung rel kereta api mulai terealisasi. Kementerian Perhubungan telah menginstruksikan kepada pemerintah daerah agar segera membebaskan lahan yang dilalui jalur kereta api.

Kepala Dinas Perhubungan komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Kalsel, Supian AH mengatakan, proyek pembangunan rel kereta api ini positif dilaksanakan dengan tahap awal pengerjaan pada 2016-2017.

“Tahap awal ini akan dilakukan pembebasan lahan, pembuatan AMDAL, dan DED,” ujar Supiah, Kamis (17/4).

Dia mengungkapkan, semua dana pembangunan rel kereta api ini dibiayai dari APBN. Termasuk penyediaan lahan yang dilakukan pemerintah kabupaten dan kota juga akan dibiayai dari dana APBN.

“Pembebasan lahan dilakukan pemerintah daerah dengan biaya semua ditanggung pemerintah pusat,” bebernya.

Supian menjelaskan, untuk proyek pembangunan rel kereta api ini panjangnya sekitar 192 kilometer dari Banjarmasin menuju Tanjung, Kabupaten Tabalong.

“Kita berharap di 2018 tahap rekonstruksi pembangunan rel kereta api di Kalsel sudah bisa dimulai,” katanya.

Rencana pembangunan tahap awal ini merupakan hasil kesepakatan dari pertemuan dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, belum lama ini.

BANJARMASIN – Rencana sejumlah wilayah di Kalsel terhubung rel kereta api mulai terealisasi. Kementerian Perhubungan telah menginstruksikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News