Gemar Makan Tomat Turunkan Risiko Kanker Prostat

Gemar Makan Tomat Turunkan Risiko Kanker Prostat
Gemar Makan Tomat Turunkan Risiko Kanker Prostat. Foto: Foxnews

jpnn.com - TOMAT sering kali menjadi penghias di beberapa makanan yang Anda pesan di restoran atau menjadi lalapan yang luput dari perhatian Anda. Tomat memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan meskipun demikian ternyata tidak semua orang menyukai tomat.

Baru-baru ini, penelitian yang diterbitkan di Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menemukan bahwa mengonsumsi tomat bisa menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 18 persen.

Untuk penelitian ini, para peneliti di Universitas Bristol, Cambridge, dan Oxford membandingkan diet dari 1.806 pria dengan kanker prostat dengan orang-orang dari 12.005 orang bebas kanker.

Mereka menemukan bahwa sementara mengonsumsi lebih selenium, kalsium, dan lycopene semua terkait dengan penurunan risiko kanker prostat, lycopene, antioksidan yang terdapat dalam tomat merah ternyata mengandung manfaat yang super besar.

"Lycopene dikenal untuk menghancurkan oksigen radikal bebas. Lycopene sebenarnya adalah pemadam oksigen yang paling efisien daripada vitamin E," kata ahli gizi, Rui Hai Liu, MD, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (16/4).

Itulah mengapa Lycopene sering dikaitkan dengan rendahnya risiko beberapa jenis kanker, terutama  kanker paru-paru, prostat dan perut, menurut American Cancer Society.(fny/jpnn)

 


TOMAT sering kali menjadi penghias di beberapa makanan yang Anda pesan di restoran atau menjadi lalapan yang luput dari perhatian Anda. Tomat memiliki


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News