Dua WNI di Arab Saudi Dieksekusi Mati Tanpa Notifikasi, Ini Reaksi Jokowi

Dua WNI di Arab Saudi Dieksekusi Mati Tanpa Notifikasi, Ini Reaksi Jokowi
Dua WNI di Arab Saudi Dieksekusi Mati Tanpa Notifikasi, Ini Reaksi Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengaku kaget mendenfar ada dua warga negara Indonesia (WNI) dieksekusi mati di Arab Saudi tanpa notifikasi dari pemerintah negeri kerajaan itu kepada pemerintah Indonesia. Dua WNI yang dieksekusi mati dengan cara dipancung itu adalah Siti Zaenab dan Karni binti Medi Tarsim.

"Terus terang kami juga kaget karena tanpa pemberitahuan sama sekali. Itu yang diproses oleh menlu (menteri luar negeri, red),” ujar presiden yang akrab disapa dengan nama Jokowi itu di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sebelum berangkat ke Jawa Timur untuk kunjungan kerja, Jumat (17/4).

Jokowi menegaskan bahwa pemerintah Indonesia selama ini sudah berusaha maksimal untuk memberi perlindungan hukum terhadap para WNI yang terancam hukuman mati di luar negeri, termasuk Karni dan Zaenab. Namun, diakuinya, penegakan hukum di Arab Saudi memang berbeda dengan Indonesia.

"Sistem di Arab Saudi memang beda. Betul-betul tanpa pemberitahuan. Karena itu kami kemarin kirim surat protes," imbuh presiden.

Karenanya, Jokowi menegaskan bahwa pemerinta Indonesia sudah melayangkan nota protes ke Arab Saudi. Namun untuk langkah selanjutnya, pemerinta masih menunggu respon Arab Saudi atas nota protes itu.(flo/jpnn)

 


JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengaku kaget mendenfar ada dua warga negara Indonesia (WNI) dieksekusi mati di Arab Saudi tanpa notifikasi dari pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News