Naskah UN yang Bocor untuk Aceh dan DIY

Naskah UN yang Bocor untuk Aceh dan DIY
Mendikbud Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengidentifikasi ada 30 booklet naskah soal Ujian Nasional (UN) 2015, yang diunggah secara ilegal melalui akun google drive.

Hasil identifikasi menunjukkan booklet naskah soal paket UN Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

"Hasil identifikasi berdasarkan temuan kode naskah soal yang diunggah, yaitu U-N-2014/2015," kata Mendikbud Anies Baswedan dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Jumat (17/4).

Dia mengakui booklet soal yang diunggah melalui google drive, digunakan di dua tempat, yaitu NAD, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Namun, Mendikbud menegaskan hanya booklet soal yang diperuntukkan bagi wilayah NAD yang diunggah melalui akun google drive.

“Filenya diunggah di google drive adalah soal untuk SMA IPA yang memang digunakan di dua tempat, yaitu Aceh, dan Yogya. Tapi, yang diunggah adalah untuk Provinsi Aceh, di Yogya tidak diunggah,” ujar Mendikbud.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan (Kapuspuspendik Balitbang) Kemendikbud Nizam merinci 30 booklet soal yang diunggah terdiri dari enam mata pelajaran yang diujikan pada jenjang SMA IPA.

“30 booklet soal isinya lima paket, jadi ada enam mata pelajaran yang diujikan untuk SMA IPA,” jelas Nizam. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengidentifikasi ada 30 booklet naskah soal Ujian Nasional (UN) 2015, yang diunggah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News