Yakini Penghapusan Premium Bakal Tekan Penyelewengan BBM

Yakini Penghapusan Premium Bakal Tekan Penyelewengan BBM
Yakini Penghapusan Premium Bakal Tekan Penyelewengan BBM

jpnn.com - JAKARTA - Pertamina berencana secara bertahap menghapuskan bahan bakar minyak berkadar oktan (RON) 88. Selanjutnya, perusahaan pelat merah itu akan meluncurkan BBM jenis baru dengan kadar RON lebih tinggi bernama Pertalite.

Menteri ESDM Sudirman Said pun meyakini rencana Pertamina mengeluarkan Pertalite itu akan mampu menekan penyelewengan BBM. Sebab, tidak semua pemasok BBM bisa memenuhi permintaan Premiun sehingga memicu peluang praktik monopoli.

"Importasi itu menimbulkan kecurigaan bahwa seolah-olah itu dibuat spesifik, supaya masuknya ke pemasok tertentu," ujar Sudirman di kantornya, Jakarta, Jumat (17/4).

Ia menambahkan, manfaat lain penghapusan Premium adalah menekan pencemaran udara akibat pembakaran BBM. Sebab dengan kadar oktan lebih tinggi maka pembakaran bahan bakar pada kendaraan bisa jadi lebih baik.

"Semakin tinggi RON-nya berarti semakin bersih, ini (Pertalite, red) RON-nya di atas Premium. Saya rasa upaya ini (meluncurkan Pertalite, red) masuk akal," ungkapnya.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - Pertamina berencana secara bertahap menghapuskan bahan bakar minyak berkadar oktan (RON) 88. Selanjutnya, perusahaan pelat merah itu akan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News