BMKG Gandeng BPPT Kerja Sama Observasi Laut

BMKG Gandeng BPPT Kerja Sama Observasi Laut
BMKG Gandeng BPPT Kerja Sama Observasi Laut

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi serta National Oceanic and Atsmopheric Administration, di bidang observasi laut.

Kegiatan yang dinamakan InaPRIMA (Indonesia Program initiative on Maritime Observation and Analysis) itu diharapkan dapat berjalan berkesinambungan dan lancar untuk mewujudkan layanan informasi cuaca dan iklim maritim yang cepat dan akurat bagi para user-nya. 

Hal ini dilakukan dalam bentuk observasi bersama di laut selama satu bulan di perairan Samudera Hindia dengan menggunakan kapal riset milik BPPT Baruna Jaya I.

Kepala BMKG Andi Eka Sakya, menjelaskan, saat ini informasi maritim sangat dibutuhkan untuk sektor seperti pariwisata, perikanan, dan transportasi laut. Semua dalam rangka mendukung pembangunan bidang kemaritiman.

Sejak 2013, BMKG melakukan modernisasi peralatan observasi, pengolahan dan teknologi disseminasi informasi telah dirintis. 

"Saat ini upaya kerja sama observasi laut ini akan membantu menambah banyak informasi dan data guna mengoptimalkan Maritim Indonesia," kata Andi, Jumat (17/4).

Menurut Andi, pelayaran InaPRIMA merupakan salah satu usaha dalam mendukung tersedianya observasi laut yang berkesinambungan. "Datanya dapat digunakan untuk mendukung peningkatan informasi cuaca dan oceanografi," kata dia.

Menurut Andi, pelaksanaan kegiatan InaPRIMA dengan informasi prakiraan cuaca dan iklim yang diberikan oleh BMKG selama ini memiliki kaitan penting, dalam peningkatan akurasi prediksi cuaca dan iklim bagi maritim.

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi serta National Oceanic and

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News