Proses Pemindahan 600 Tahanan Rutan Batam Bak Pengamanan di Film Con Air

Proses Pemindahan 600 Tahanan Rutan Batam Bak Pengamanan di Film Con Air
Ratusan personil gabungan Polresta Barelang, Polda Kepri dan Brimob bersenjata lengkap disiagakan untuk menjaga proses pemindahan 600 tahanan Rutan Batam. Beberapa mobil barracuda juga disiapkan untuk berjaga. Foto:DalilHarahap/Batampos/jpnn

jpnn.com -  

BATAM - Proses pemindahan sekitar 600 tahanan Rutan Kelas IIA Baloi, Batam, Kepri, Sabtu (18/4) pagi bak film Con Air yang dibintangi oleh aktor gaek Nicolas Cage. Hanya saja proses pemindahan disini tidak menggunakan pesawat, tapi pakai bus melalui jalur darat. 

Mereka dipindahkan ke rumah tahanan yang baru, lokasinya persis di belakang Lapas Barelang, Tembesi, yang baru-baru ini kecolongan karena tiga napinya berhasil kabur. 

Jarak rutan lama ke rutan baru ini cukup jauh dan membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dalam kondisi normal. 
Pemindahan ratusan tahanan dari beragam jenis kejahatan itu disebabkan daya tampung rutan lama tidak memadai atau over kapasitas.

Untuk menghindari terulangnya kejadian beberapa tahun silam, dimana puluhan tahanan menyerang petugas sipir lalu melarikan diri, ratusan tahanan ini pun akhirnya dipindahkan ketempat yang lebih baik. 

Polisi mengerahkan sebanyak 500 personel Brimob untuk mengamankan pemindahan para tahanan. Personel Brimob sudah besiap-siap di depan Rutan sejak pukul 07.00 Wib. Semuanya dilengkapi senjata laras panjang.

Selain itu, Polresta Barelang juga menyiapkan mobil baraccuda untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sampai sekarang proses pemindahan masih berlangsung dan sudah dua trip para tahanan ditransfer ke Rutan baru.

"Satu trip membawa 200-an tahanan, ini trip kedua. Penjagaannya ketat seperti filmnya Nicolas Cage lah (Con Air, red)," ujar petugas Rutan yang juga berjaga-jaga di sekeliling Gedung Rutan baru.

  BATAM - Proses pemindahan sekitar 600 tahanan Rutan Kelas IIA Baloi, Batam, Kepri, Sabtu (18/4) pagi bak film Con Air yang dibintangi oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News