Funtastis... Inilah Rincian Dana yang Diterima DPRD Batam Selama Kunker

Funtastis... Inilah Rincian Dana yang Diterima DPRD Batam Selama Kunker
Inilah Rincian Dana yang Diterima DPRD Batam Selama Kunker

jpnn.com - BATAM - Seluruh anggota DPRD kota Batam akan menggelar kunjungan kerja (kunker) ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri seperti Eropa tepatnya Swiss dan Jerman, pada bulan ini.

Sudah ada yang lebih dahulu berangkat kunker ke Belitung Timur, yakni mulai Kamis hingga Sabtu (16-18/4). Bahkan anggota dewan yang berangkat ke Eropa juga ikutan "jalan-jalan" ke Belitung Timur.

Setiap wakil rakyat memang dijatah 35 kali kunker. Di antaranya 34 kali Kunker di dalam negeri dan sekali jatah kunker ke luar negeri.  

Artinya dalam setahun DPRD memiliki jatah sekali ke luar negeri dan 34 kali di dalam negeri. Selama satu periode (lima tahun) setiap anggota DPRD lima kali ke luar negeri, serta 170 kali di dalam negeri. Kegiatan ini tak jarang dijadikan wakil rakyat sebagai ajang untuk jalan-jalan.

Tahun ini Setwan DPRD Kota Batam menganggarkan Rp 21,3 miliar hanya untuk kegiatan kunker anggota DPRD Kota Batam tersebut.

"Anggaran kunker tahun 2015 dianggarkan sebesar 30 persen dari Rp 71 miliar (total anggaran setwan tahun 2015)," ujar Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Batam, Marzuki di Batam, Sabtu (18/4).  

Marzuki mengatakan, setiap anggota DPRD yang melakukan kunker di wilayah Asean diberikan uang saku Rp 4 juta perorang. "Di luar Asean (Eropa) Rp 4,5 juta. Itu di luar  tiket," ungkap Marzuki.  

Setiap anggota DPRD Kota Batam juga mempunyai jatah 34 kali Kunker di dalam negeri, uang sakunya Rp540 ribu per anggota dewan per hari. Kalau pimpinan ditambah Rp 50 ribu atau sekitar Rp 590 ribu per hari. 

BATAM - Seluruh anggota DPRD kota Batam akan menggelar kunjungan kerja (kunker) ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri seperti Eropa tepatnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News